Home / Berita Banjar / Wakil Wali Kota Hadiri Rakor Lomba Desa dan Kelurahan

Wakil Wali Kota Hadiri Rakor Lomba Desa dan Kelurahan

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Lomba Desa dan Kelurahan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Aula Mutawali Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta No. 466 Bandung pada Kamis, 27 Mei 2021. Lomba Desa dan Kelurahan merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan postif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Ir. Bambang Tirtoyuliono, M.M., mengatakan indikator penilaian tahun ini berbeda dengan aspek penilaian tahun kemarin. Selain tiga variabel utama, yakni di bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan ditambah satu variabel lagi, yaitu penanganan Covid-19 di setiap wilayah. Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, untuk aspek bidang pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi Pemerintah Desa (Pemdes), keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya.
Sedangkan aspek kewilayahan, diantaranya pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah. Adapun aspek dibidang kemasyarakatan mencakup keaktifan PKK, kegiatan keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembagunan di desa dan peran BUMdes dalam meningkatkan pendapatan APBDes. Untuk aspek penilaian penanganan Covid-19 akan dinilai peran aktif dari Pemerintah Desa/Kelurahan bersama-sama dengan masyarakat dalam upaya bersama memutus penularan serta penanganan Covid-19 di masyarakat.
Wakil Wali Kota Banjar menegaskan, keseluruhan aspek yang dinilai merupakan kegiatan dan program yang sudah rutin dilaksanakan dalam pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kota Banjar. Dengan demikian setiap desa atau kelurahan yang mewakili Kota Banjar nantinya dipastikan telah siap dalam mengikuti perlombaan desa/kelurahan ini. “Intinya saya menyambut baik kegiatan ini. Dengan adanya lomba desa dan kelurahan ini saya berharap akan muncul inovasi-inovasi baru dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam penanganan Covid1-9 ini. Peran aktif dari pemerintah desa dan kelurahan bersama masyarakat di tahun ini masuk menjadi sebuah aspek yang dinilai,” jelasnya.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi

Guna menyukseskan vaksinasi, Wali Kota rutin melakukan monitoring pelaksanaannya. Wali Kota Banjar kembali melakukan monitoring …

Puluhan Generasi Muda Pataruman Ikuti Pelatihan Bela Negara

Berlangsung di Aula Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wali Kota …