Home / Berita Banjar / Wakil Wali Kota Dukung Paguyuban Kelompok Tani Budidaya Ikan di Kota Banjar

Wakil Wali Kota Dukung Paguyuban Kelompok Tani Budidaya Ikan di Kota Banjar

Guna mendongkrak produktivitas kelompok tani di Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana hadir langsung dan memberikan dukungan atas pembentukan Paguyuban Kelompok Tani Budidaya Ikan Mina Maju Lancar pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020, di Dusun Kalapasabrang RT 3 RW 8 Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar.
Pertemuan yang dihadiri Kabid Perikanan Dinas Pertanian Kota Banjar, Yadi, beserta beberapa perwakilan kelompok tani pada 4 kecamatan di Kota Banjar ini membahas bagaimana proses pembentukan paguyuban tersebut. “Paguyuban ini merupakan himpunan kelompok tani budidaya ikan yang ada di 4 kecamatan di Kota Banjar. Targetnya yaitu bagaimana kedepan kelompok-kelompok tani ini bisa berjalan dengan baik akan diatur secara baik oleh paguyuban seperti bagaimana cara pembibitan, pembesaran dan pemasaran ikan”, terang Wakil Wali Kota.
Ditambahkan beliau bahwa paguyuban tersebut nantinya dapat mencari pangsa pasar dan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap ikan di pasar. “Harapan kami dari pemerintah, paguyuban akan bersinergis dengan Dinas Ketahanan Pangan maupun perikanan dan pertanian yang akan mendongkrak daya beli masyarakat karena masyarakat banyak yang semangat dalam membudidaya ikan tapi perlu bimbingan bagaimana cara bertani ikan yang baik dan benar serta bagaimana memasarkannya. Paguyuban ini nantinya akan menjadi solusi bagaimana mengorganisir kelompok tani ikan di Kota Banjar untuk meningkatkan daya beli dan kesejahteraan masyarakat”, katanya.
Nantinya, paguyuban akan mengkoordinir setiap kelompok tani dalam memasarkan ikannya. Saat ini kebutuhan ikan di Kota Banjar belum terpenuhi karena perhari dibutuhkan 2 sampai 3 ton ikan yang selama ini disuply dari Subang, Purwakarta dan Bandung. “Ini peluang bagi pemerintah Kota Banjar untuk memberdayakan masyarakat melalui kelompok tani ikan yang dihimpun paguyuban yang akan mendongkrak daya beli masyarakat di Kota Banjar”, tutupnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Wali Kota Resmikan Ruang Pelayanan Jantung Koroner di RSUD Kota Banjar

Senin, 23 November 2020, Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih meresmikan pelayanan terbaru jantung …