Wakil Wali Kota Banjar Hadiri Acara Gelar Budaya Ngabumi Di Situ Mustika

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menerima Iket Cakrabumi pada Gelar Budaya Ngabumi ke-IV, yang bertempat di Wana Wisata Situ Mustika. Sabtu (06/08/2022).
Iket adalah penutup kepala dari kain merupakan bagian kelengkapan sehari-hari pria di Pulau Jawa dan Bali. Iket dipandang dan dianggap tepat sebagai benda yang dapat melindungi kepala saat melakukan  aktivitas dan sekaligus menjadi atribut sosial. Bentuknya yang beragam diciptakan sebagai simbol yang berkaitan dengan keagamaan, upacara adat, dan status sosial tokoh-tokoh masyarakat yang dianggap mempunyai peranan dalam suatu kelembagaan.
Wakil Wali Kota mengapresiasi kegiatan gelar budaya ini di Kota Banjar yang menjadi salah satu rangkaiannya adalah penyerahan Iket Cakrabumi. Kegiatan gelar budaya ini merupakan sebuah kekayaan budaya yang jika rutin digelar akan menjadi salah satu daya tarik pengunjung datang ke Kota Banjar. “Inilah salah satu upaya untuk menjadikan Kota Banjar sebagai Kota Tujuan dengan rutin menggelar event yang terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu event olah raga, seni budaya, dan kuliner yang melibatkan pelaku UKM. Event inilah salahsatunya,” jelas Wakil Wali Kota.
Dalam kesemptan ini dilakukan penyerahan iket secara simbolis oleh Pupuhu Cakrabumi kepada Wakil Wali Kota Banjar, Komandan Kodim 0613 Ciamis, serta perwakilan Forkopimda.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Wakil Wali Kota Banjar Tinjau Peternakan Domba Di Lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana bersama Kasatpol PP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bapelitbangda, …

Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022, Wali Kota Banjar, …