Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana. Rabu (15/6/2022).
Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar, Asisten Daerah 2, para Kepala Perangkat Daerah, serta Ketua Kadin. Menurut Wakil Wali Kota, Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) bertujuan untuk memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri, serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah. “Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri, yang dimaksud produk dalam negeri adalah barang dan jasa, termasuk rancang bangun dan perekayasaan, yang diproduksi atau dikerjakan oleh perusahaan yang berinvestasi dan berproduksi  di Indonesia,” jelasnya.
Wakil Wali Kota menegaskan, setiap daerah diwajibkan untuk menggunakan produk dalam negeri dalam setiap pemenuhan kebutuhan belanja Pemerintah Daerah. Hal ini sebagai upaya peningkatan ekonomi bagi pelaku usaha lokal. “Hal ini menuntut setiap pelaku usaha daerah, seperti KUKM, untuk terus berupaya meningkatkan proses produksi dan inovasinya. Program ini akan sia-sia jika pelaku UKMnya sendiri tidak siap. Untuk itu saya berharap dinas terkait membantu seluruh pelaku usaha lokal untuk terus berupaya meningkatkan kegiatan produksi,” tegasnya.
Wakil Wali Kota menambahkan, Pemerintah mempunyai peran penting dalam memacu penyerapan produk lokal, dengan berbagai program dan kebijakan yang dilaksanakan, karena semua produk yang mempunyai sertifikasi TKDN ini sudah melalui assessment. “Jadi, kalau ada produk kita yang bagus, segera masuk e-katalog, selanjutnya diprioritaskan penggunaannya pada pengadaan barang/jasa Pemerintah, termasuk Pemerintah Daerah,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas Covid-19  Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022 …

Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny Dorong Saling Dukung di Forum Internasional

Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/06/2022 Rabu, 29 Juni 2022 Tentang Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny …