Home / Berita Banjar / VERIFIKASI PROGRAM P2WKSS TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT DIDESA KARYAMUKTI

VERIFIKASI PROGRAM P2WKSS TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT DIDESA KARYAMUKTI

Keberadaan program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman Kota Banjar telah secara nyata dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya, hal tersebut diutarakan oleh Wali Kota Banjar saat menerima Tim Verifikasi Program P2WKSS Provinsi Jawa Barat di Desa Karyamukti, Rabu 27 Maret 2019.
  Acara tersebut dihadiri oleh  Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, dan Tim Evaluasi  P2WKSS dari Provinsi Jawa Barat, yang dipimpin oleh Drs. Agus Hernawan, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar, Ny. Elis Kartini dan Anggota, Camat Pataruman Dedi Suryadi, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Asep Tatang Iskandar, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Banjar, para kepala OPD, Penjabat Kades Karyamukti, Ketua beserta Anggota Tim Penggerak PKK Desa, Kader  Posyandu serta seluruh lapisan warga masyarakat Desa Karyamukti.
  Kehadiran  Wali Kota Banjar beserta Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat disambut langsung oleh Penjabat Kepala Desa Karyamukti beserta seluruh lapisan warga masyarakat Karyamukti dan disambut dengan penampilan Tim Penggerak PKK Desa.
  Menurut Wali Kota Verifikasi P2WKSS ini adalah momen yang tepat untuk meningkatkan motivasi masyarakat setiap peserta untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan cita-cita mulia yaitu, mewujudkan keluarga berkualitas, sehat sejahtera baik lahir maupun batin, dan upaya untuk mewujudkan ketahanan keluarga sehingga, keluarga bisa menjadi anggota keluarga dengan lebih baik.
  Hj. Ade Uu Sukaesih menambahkan bahwa implementasi dan hasil dari program tersebut secara khusus sangat dirasakan oleh kaum perempuan di pedesaan, dalam upaya meningkatkan cakupan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pemberdayaan perempuan serta program perbaikan fisik pada P2WKSS seperti ; perbaikan rumah tidak layak huni, jalan desa, dan lingkungan sangat dirasakan masyarakat, pelaksanaan program P2WKSS di Desa Karyamukti merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui pemberdayaan kaum perempuan sebagai motor penggerak pembangunan, guna mendorong mereka agar lebih mampu berperan mewujudkan keluarga sehat sejahtera. Oleh karena itu ibu-ibu rumah tangga dipandang perlu diberi tambahan pengetahuan dan keterampilan, sehingga bisa mengelola kesehatan keluarga dengan baik serta mengelola sumber-sumber penghasilan keluarga untuk menunjang perekonomian keluarga.
  Beliau berharap harus ada perubahan, serta peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera di Desa Karyamukti Kota Banjar bisa lebih meningkat dan harus bisa menjadi super tim yang dapat bekerjasama, bergotong-royong untuk memperbaiki keadaan lingkungan dengan PHBS ( Pola Hidup Bersih dan Sehat ), KRPL ( Kawasan Rumah Pangan Lestari ) dan program yang lainnya.
  Ketua Tim Penilai P2WKSS Provinsi Jawa Barat, Drs. Agus Hernawan, M.Si mengatakan bahwa Program P2WKSS ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di lingkungan pedesaan, yang diselenggarakan melalui realisasi pemberdayaan keluarga oleh berbagai dinas/ insntansi terkait. Program ini sejalan dengan sasaran pembangunan bangsa Indonesia, yaitu untuk menjadikan manusia Indonesia seutuhnya. Selain itu program tersebut untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan, dimana kaum perempuan dapat turut sebagai subjek pembangunan
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Jemaah Haji Telah Kembali ke Kota Banjar

Jum’at, 13 September 2019, Sebanyak 195 orang jemaah haji asal Kota Banjar bersama petugas kloter …

Wali Kota Kunjungi Perkebunan Bawang Merah dan Cabai di Binangun

Rabu, 11 September 2019, Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengunjungi perkebunan bawang merah …