Home / Berita Banjar / Update Corona Kota Banjar 13 Mei 2020: OTG dan Positif Nihil

Update Corona Kota Banjar 13 Mei 2020: OTG dan Positif Nihil

Update Corona Kota Banjar 13 Mei 2020 pukul 14.00 WIB, seperti dirilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan kasus Covid-19 di Kota Banjar semakin menurun. Tercatat kasus positif Corona di Kota Banjar nihil. Begitu juga dengan OTG (Orang Tanpa Gejala) nihil.
Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Rabu (13/5/2020) juga turun dari hari kemarin. Jika kemarin jumlah ODP ada 13 orang, hari ini tinggal 11 orang saja.
Selanjutnya jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Banjar, hari ini PDP yang dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Banjar bertambah 2 orang. Totalnya menjadi 8 orang, sementara kemarin hanya 6 orang. Selain itu, ada juga PDP yang menjalankan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sebanyak 16 orang. Sedangkan 13 orang PDP meninggal dunia selama pandemi Corona di Kota Banjar.
Kasus positif Corona di Kota Banjar tercatat ada 7 kasus, namun 6 kasus diantaranya telah dinyatakan sembuh. Pasien pun sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Sementara 1 orang positif Corona di Kota Banjar bulan lalu meninggal dunia. Sehingga tidak ada lagi pasien positif Corona di Kota Banjar. Bahkan pasien positif yang berasal dari luar Kota Banjar juga telah dinyatakan sembuh. Pasien positif asal luar Kota Banjar tersebut adalah pasien asal Pamarican, Kabupaten Ciamis, dan asal Kabupaten Pangandaran. Keduanya telah sembuh dan sudah pulang ke rumahnya masing-masing.
Meskipun tidak ada lagi pasien yang terkonfirmasi positif Corona di Kota Banjar, namun ada 11 orang warga Kota Banjar yang reaktif Covid-19 berdasarkan rapid test. Namun untuk terkonfirmasi positif Covid-19 memerlukan hasil swab test. Rapid test hanya mengetes keberadaan antibodi dalam tubuh seseorang untuk melawan virus Corona. Sementara swab test mengetes keberadaan virusnya. Rapid test tidak dijadikan acuan, apalagi akurasinya hanya 30 sampai 60 persen saja. Sedangkan swab test memiliki tingkat keakuratan sampai 80 persen. Karena itu seseorang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 apabila swab testnya menunjukkan hasil positif.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota …

Antisipasi Pergeseran Tren Pariwisata Dunia Selepas Pandemi

Tren pariwisata dunia diprediksi akan berubah selepas pandemi Covid-19 berlalu. Ke depannya, persoalan mengenai kesehatan, …