Home / Berita Banjar / UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA TINGKAT KOTA BANJAR

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA TINGKAT KOTA BANJAR

  Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Banjar Tahun 2019 dilaksanakan di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, pada Hari Selasa Tanggal 01 Oktober 2019, dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, serta yang menjadi Komandan Upacara yaitu AKP. Yanto Selamet S.Ip, M.H Perwira dari Polres Banjar.
  Setelah dikibarkan setengah tiang pada hari Senin (30/9/2019) kemarin, hari ini Selasa (01/10/2019) Bendera Merah Putih pun dikibarkan satu tiang penuh.
Tema Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 ini adalah “ Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.
  Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari berkabung nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut, tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan.
  Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari di mana Indonesia masih bisa selamat dari tragedi G30S. Namun, selamatnya Indonesia juga mengorbankan nyawa para petinggi TNI AD yang selanjutnya disebut Pahlawan Revolusi, dengan gagalnya G30S, Pancasila sebagai ideologi bangsa bisa dipertahankan.
  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dewasa ini, harus dimaknai bukan semata menghadapi ideologi lain diluar Pancasila itu sendiri, tapi lebih kepada memaknai Pancasila sebagai ideologi yang bisa mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Acara ini di hadiri juga oleh H. Herman Sutrisno Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si, para Anggota DPRD Kota Banjar, Sekda Kota Banjar. DR. Drs. H. Ade setiana, M.Pd, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang terdiri dari Kapolres,  Kajari, Dandim diwakili Danramil, Kalapas, dan Dansubdenpom, serta para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Banjar, juga para peserta upacara yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah, Mahasiswa, para Pelajar, serta OKP dan Ormas.
  Pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota membacakan ikrar yang menyatakan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi dengan nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  “ Dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang keebersamaan untuk memperjuangkan menegakan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.  
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Tekan Angka Pengangguran dan Kesenjangan, Disnaker Kota Banjar Gelar Job Fair

Dalam upaya mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kota Banjar dalam hal ini melalui Dinas Tenaga Kerja Kota …

PENGHARGAAN WTP DAN KINERJA TERBAIK DARI GUBERNUR JAWA BARAT

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Penyerahan …