Home / Berita Banjar / UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL

   Selasa, 17 Juli 2018 berlangsung Acara Upacara Apel Kesadaran Tingkat Kota Banjar Tahun 2018, Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes, hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Banjar dan para Kepala OPD serta para peserta upacara dari berbagai OPD di Kota Banjar.
   Dalam sambutannya Inspektur Upacara mengatakan bahwa upacara yang kita selenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka karena upacara dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional ini seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dengan Hari Kesadaran Nasional ini, setiap aparatur negara bisa menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan, mudah-mudahan dengan upacara ini, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh aparatur negara agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana, sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
   Untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut setiap aparatur pemerintahan khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Banjar harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan. adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh faktor kesengajaan namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan bedanya pemahaman terhadap peraturan. Oleh karena itu saya menghimbau kepada setiap aparatur  pemerintah agar dapat memahami sebuah peraturan dengan baik. Melalui berbagai sosialisasi, bimtek dan penandatangan pakta integritas yang telah dan akan kita lakukan. Saya  berharap kesalahan- kesalahan pemahaman tersebut bisa hilang sehingga pelayanan kepada masyarakat pun bisa diberikan secara maksimal.
   Keseriusan aparat pemerintah Kota Banjar dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik bersih dan bebas KKN telah dilakukan secara optimal. antara lain dengan telah dilaksanakan fakta integritas sebagai pengejawantahan Instruksi Presiden nomor 5 tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi. Kita harus bisa membuktikan kepada masyarakat Kota Banjar bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada mereka sehingga kepercayaan yang besar dari mereka kepada kita dapat kita raih. Kepercayaan (trust) dari mereka adalah merupakan suatu modal sosial (social capital) yang sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi kepemerintahan. Semoga dengan momentum peringatan hari keadaran nasional ini kita mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kita sebagai aparatur pemerintahan sehingga good government dan clean government dapat terwujud di lingkungan Pemerintah Kota Banjar ini.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Peresmian Guest House Rumah Poppy Dharsono

   Kurangnya hotel dan penginapan di Kota Banjar, menginspirasi Poppy Dharsono untuk ‘menyulap’ rumah keluarga …

Kunjungan Kerja Wali Kota Banjar ke Kujangsari

   Selasa, 07 Agustus 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …