Home / Berita Banjar / Upacara Hari Kesadaran Nasional & Peringatan Hari Olahraga Nasional Tingkat Kota Banjar Tahun 2019

Upacara Hari Kesadaran Nasional & Peringatan Hari Olahraga Nasional Tingkat Kota Banjar Tahun 2019

Selasa, 17 September 2019 berlangsung Upacara Hari Kesadaran Nasional & Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 Tingkat Kota Banjar Tahun 2019. Bertindak selaku Inspektur Upacara Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M,Si, hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, dan para Kepala OPD serta para peserta upacara dari berbagai OPD di Kota Banjar, juga ada dari paguron pencak silat se-Kota Banjar.
Dalam sambutannya Wali Kota Banjar mengatakan bahwa upacara yang kita selenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka karena upacara dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional ini seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, dengan Hari Kesadaran Nasional ini, setiap aparatur negara bisa menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan. Mudah-mudahan dengan upacara ini, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh aparatur negara agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana, sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
Untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut setiap aparatur pemerintahan khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Banjar harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan. Adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh faktor kesengajaan namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan bedanya pemahaman terhadap peraturan. Oleh karena itu saya menghimbau kepada setiap aparatur pemerintah agar dapat memahami sebuah peraturan dengan baik. Melalui berbagai sosialisasi, bintek, dan penandatangan pakta integritas yang telah dan akan kita lakukan. Saya  berharap kesalahan- kesalahan pemahaman tersebut bisa hilang sehingga pelayanan kepada masyarakat pun bisa diberikan secara maksimal.
Keseriusan aparat pemerintah Kota Banjar dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik bersih dan bebas kkn telah dilakukan secara optimal. Antara lain dengan telah dilaksanakan fakta integritas, untuk membuktikan kepada masyarakat Kota Banjar bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada mereka sehingga kepercayaan yang besar dari mereka kepada kita dapat kita raih. Kepercayaan (trust) dari mereka adalah merupakan suatu modal sosial (social capital) yang sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi kepemerintahan. Semoga dengan momentum peringatan Hari Kesadaran Nasional ini kita mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kita sebagai aparatur pemerintahan sehingga good government dan clean government dapat terwujud di lingkungan Pemerintah Kota Banjar ini.
Hari ini juga diperingati Haornas Tingkat Kota Banjar untuk itu beliau mengatakan bahwa Olahraga telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari- hari, baik dalam  melakukan aktivitas fisik, maupun hanya sekedar menonton pertandingan olahraga. Olahraga menyusup masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, tua, muda, laki-laki, maupun perempuan, dari plosok desa sampai ke kota. Menindaklanjuti Instruksi Presiden tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Kementerian Pemuda dan Olahraga telah secara resmi meluncurkan gerakan “Ayo Olahraga”. Dalam program ini, kami harapkan semua komponen bangsa khususnya Kota Banjar untuk dapat bahu membahu menggerakan seluruh lapisan masyarakat baik pelajar, mahasiswa, pekerja/karyawan untuk hidup aktif utamanya melalui olahraga secara rutin dan teratur, apapun olahraganya.
Di Kota Banjar terdapat sarana olahraga diantaranya Sport Center, Ruang Terbuka Hijau dan Sarana Penunjang Olahraga Masyarakat, ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mau bergerak, terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga menjadikan olahraga sebagai gaya hidup. Budaya olahraga tidak dapat tumbuh secara instan tetapi harus melalui proses yang berjenjang dan berkelanjutan, dimulai dari lingkungan terkecil (keluarga) sampai kekomunitas masyarakat yang lebih besar. Oleh karena itu, sangat diperlukan peran serta keluarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktivitas sehari-hari. Secara institusional dukungan aktif dari aparatur pemerintah mulai tingkat RT, desa/kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota sangat diperlukan dalam menggerakkan, memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya olahraga sebagai pola hidup.
Melalui olahraga tumbuh kembali semangat cinta tanah air, cinta budaya bangsa, memahami berbagai perbedaan menyatukan jiwa dan semangat kebangsaan. Olahraga jauh dari sentimen-sentimen suku, agama, ras maupun golongan. Berolahraga akan menguatkan nilai-nilai sportivitas, persaudaraan, dan kerjasama, fair play serta rasa saling menghargai dan menghormati. Inilah nilai-nilai yang ada dalam olahraga yang akan mempererat rasa persatuan dan kebangsaan kita, sehingga kesemuanya selaras dengan program pemerintah tentang “Revolusi Mental”.
Selain itu, dalam peningkatan olahraga prestasi kita kuatkan pembinaan yang sistematis, berjenjang dan berkesinambungan dan diperkuat dengan penerapan IPTEK Olahraga serta peningkatan jumlah dan mutu tenaga keolahragaan. Hal ini diapresisasi dan direalisasikan oleh Pemerintah Kota Banjar dengan adanya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.
Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat Banjar yang telah menggerakkan masyarakat untuk berolahraga dan juga telah bekerja keras untuk membina para atlet hingga mencapai prestasi terbaik. Kami bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh putra/putri terbaik masyarakat Kota Banjar sehingga mengangkat kebanggaan daerah, provinsi, hingga tingkat nasional. Dirgahayu Hari Olahraga Nasional untuk kita semua masyarakat Kota Banjar. Semoga semangat HAORNAS terus membara di hati sanubari kita semua, Jayalah Olahraga Kota Banjar, Jayalah Indonesia-ku tercinta.
Dalam acara tersebut juga ada penampilan pencak silat dari beberapa paguron di Kota Banjar, juga ada  pembagian kejuaran hasil Pawai Alegoris HUT RI ke-74 Tahun 2019 dan lomba-lomba dalam rangka Haornas.                            

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di Desa Cibeureum

Salah satu  tujuan diselenggarakannya kegiatan BSMSS adalah memberikan motivasi sekaligus stimulant kepada masyarakat, karena melalui …

Monitoring dan Evaluasi Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat

Dalam rangka monitoring dan evaluasi Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019, Tim Monev Kesatuan Gerak …