Home / Berita Banjar / UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL & HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA TINGKAT KOTA BANJAR

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL & HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA TINGKAT KOTA BANJAR

   Selasa, 17 April 2018 berlangsung Acara Upacara Apel Kesadaran dan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kota Banjar Tahun 2018. Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Pendayagunaan Aparatur Setda Kota Banjar, Ir. H. Tomy Subagja MM,  hadir pula dalam kesempatan tersebut, Plt. Wali Kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes,  Sekda Kota Banjar, Dr. H. Ade Setiana, M.Pd,  para Kepala OPD serta para peserta upacara dari berbagai OPD di Kota Banjar.
   Dalam sambutannya Inspektur Upacara mengatakan bahwa upacara yang kita selenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka karena upacara dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional ini seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Hari Kesadaran Nasional ini, setiap Aparatur Negara bisa menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan. mudah-mudahan dengan upacara ini, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh Aparatur Negara agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana, sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
   Untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut setiap Aparatur Pemerintahan khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Banjar harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan. Adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh faktor kesengajaan namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan bedanya pemahaman terhadap peraturan. oleh karena itu saya menghimbau kepada setiap Aparatur Pemerintah agar dapat memahami sebuah peraturan dengan baik. Melalui berbagai sosialisasi, bimtek dan penandatangan pakta integritas yang telah dan akan kita lakukan. Saya  berharap kesalahan- kesalahan pemahaman tersebut bisa hilang sehingga pelayanan kepada masyarakat pun bisa diberikan secara maksimal.
   Keseriusan Aparat Pemerintah Kota Banjar dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik bersih dan bebas KKN telah dilakukan secara optimal. antara lain dengan telah dilaksanakan fakta integritas sebagai pengejawantahan Instruksi Presiden nomor 5 tahun 2004 tentang percepatan pemberantasan korupsi. Kita harus bisa membuktikan kepada masyarakat Kota Banjar bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada mereka sehingga kepercayaan yang besar dari mereka kepada kita dapat kita raih. Kepercayaan (trust) dari mereka adalah merupakan suatu modal sosial (social capital) yang sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi kepemerintahan. Semoga dengan momentum peringatan hari Keadaran Nasional ini kita mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kita sebagai aparatur pemerintahan sehingga good government dan clean government dapat terwujud di lingkungan Pemerintah Kota Banjar ini.
   Hari ini juga kita memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana maka untuk itu berdasarkan Undang Undang No. 24 tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, disebutkan bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non-alam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional. Namun demikian upaya terpadu untuk melakukan kesiapsiagaan secara serentak se-Indonesia dalam menghadapi bencana masih rendah dan belum menjadi budaya sadar bencana. Berbagai kendala dan tantangan yang pada umumnya dihadapi pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan secara mandiri antara lain : (1) kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakteristik bencana dan risikonya, (2) kurangnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman yang ada di sekitarnya, dan (3) belum adanya pelatihan secara terpadu dan periodik karena kewaspadaan dan kesiapsiagaan belum menjadi budaya. Tema peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana pada tahun  ini adalah “siaga bencana dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas” merupakan pesan utama bersama yang diusung dalam proses penyadaran (awareness) kampanye ke depan. Azas dan filosofi yang hendak dibangun dari gerakan latihan kesiapsiagaan serentak ini adalah membangun partisipasi dan kemitraan publik serta melibatkan lembaga usaha dengan semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kedermawanan.
   Tujuan utama dari diadakanya Hari Kesiapsiagaan Bencana ini adalah : 1. memperingati 11 tahun disahkannya Undang Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana; 2.Mempromosikan kegiatan latihan kesiapsiagaan bencana pada tanggal 26 April untuk dijadikan sebagai titik tolak kesiapsiagaan bencana yang dilaksanakan serentak se-Indonesia; 3.  meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana;. Sedangkan tujuan khususnya adalah : 1, Meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam menghadapi risiko bencana berdasarkan potensi bencana di daerahnya masing-masing; 2, Meningkatkan partisipasi, dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan para pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah; 3,Mengetahui capaian (tolok ukur) tingkatan kesiapsiagaan masyarakat baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menghadapi ancaman bencana.
   Diakhir acara beliau ucapkan Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2018, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-nya atas segala upaya yang kita lakukan, Amin.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

KUNKER WALI KOTA BANJAR KE DESA MULYASARI

   Rabu, 17 Oktober 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Wali Kota Banjar Jenguk Korban Gempa Palu

   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjenguk korban bencana gempa Palu Sulawesi Tengah …