Home / Berita Banjar / Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Barat Ke-74

Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Barat Ke-74

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-74 yang bertempat di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Senin, 19 Agustus 2019. Tidak hanya Wali Kota Banjar upacara tersebut dihadiri juga oleh seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat. Dimana Gubernur Jawa Barat H.M. Ridwan Kamil, S.T.,M.U.D menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Jadi tersebut.
  Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-74 ini seluruhnya memakai pakaian adat Sunda maupun pakaian adat Jawa Kacirebonan tak terkecuali juga Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil. Hadir pula pada upacara peringatan tersebut Gubernur Jawa Barat terdahulu periode 2003-2008 Danny Setiawan yang juga sesepuh Jawa Barat, Pj. Gubernur Jawa Barat M. Iriawan terdahulu dan serta tamu undangan lainnya pada upacara ini.
 Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan sejumlah pencapaian pembangunan Jabar Juara Lahir Batin, diantaranya Jabar saat ini dalam posisi sangat baik berkat estafet pekerjaan dengan para gubernur sebelumnya sehingga membawa provinsi berpenduduk lebih dari 48 juta jiwa ini menjadi yang terbaik se-Indonesia. Semoga peringatan yang bersejarah ini dapat mengingatkan kembali apa yang kita sumbangkan bagi Jawa Barat untuk lebih maju berkeadilan lahir dan batin. Menurutnya “prioritas pemerintahan ini untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi warga Jawa Barat. Selain itu Jabar juga di anugerahkan desa dengan potensi yang luar biasa dan kota sebagai lokomotif ekonomi yang luar biasa, maka dari itu Jabar akan siap bersaing dan beradaptasi dengan perubahan dunia yang cepat dengan inovasi kolaborasi mewujudkan program Jabar Juara Lahir Batin yang akan terwujud melalui kerja cerdas, kerja tuntas dan ikhlas dengan kerja bersama Kabupaten/Kota lainnya di Jabar,” ujar Kang Emil.
  Jawa Barat telah memiliki banyak kemajuan dan prestasi. Bahkan menjadi salah satu provinsi terbaik di Indonesia.  “Indeks pembangunan manusia Jabar terus meningkat dari 70,69 poin pada 2017 menjadi 71,03 poin pada 2018,” katanya. Laju pertumbuhan ekonomi Jabar juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ada pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2017 tercatat 5,35 persen dan meningkat pada 2018 menjadi 5,64 persen.  “Indeks daya saing provinsi menduduki rangking Ke-3 dibanding provinsi lain di Indonesia,” ujarnya. Prestasi lainnya juga terus lahir dari provinsi yang dihuni oleh kurang lebih 45 juta penduduk ini. Bahkan pada Mei lalu, Jabar kembali meraih WTP untuk ke-8 kalinya secara berturut-turut.  “Kita juga bersyukur capaian pembangunan desa mengalami peningkatan. Sekarang terdapat 98 desa mandiri dari tahun sebelumnya hanya berjumlah 37 desa mandiri. Desa maju bertambah lebih dari 500 desa menjadi 1.232, 3.656 desa berkembang, 326 desa tertinggal dan sudah tidak ada lagi desa sangat tertinggal di Jabar,” tutur Emil.
  Gubernur menambahkan bahwa berbagai program pembangunan kini sedang diupayakan untuk direalisasikan. Dalam percepatan ekonomi misalnya Pemprov Jabar tengah mengupayakan pembangunan jalan-jalan tol baru. “Bandara Kertajati dan Patimban, aktivasi jalur kereta api, pembangunan kereta cepat, MRT Bandung Raya, membangun zona industri baru dengan konsep segitiga Rebana serta mendorong terbentuknya kawasan ekonomi khusus untuk beberapa daerah,” ucapnya. Selain itu, pembangunan dimensi batin juga tengah digalakkan oleh Pemprov Jabar melalui banyak program yang disiapkan. Seperti magrib mengaji, subuh berjamaah, satu desa satu hafiz. “English for ulama, juga kerjasama luar negeri untuk meningkatkan kapasitas ASN Jawa Barat,” katanya.  Beliau menyebut selama 11 bulan memimpin Jabar telah banyak penghargaan yang diraih. “Semua kerja bersama semua elemen di Jabar membuahkan hasil yang menggembirakan. Hal ini terwujud dengan berbagai penghargaan yang mencapai 46 buah selama 11 bulan pemerintahan kami,” ujarnya.
  Sementara itu Wali Kota Banjar mengucapkan selamat Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Barat semoga sukses menuju Jawa Barat Ngabret dan Juara Lahir Batin dengan berbagi program Jabar Juara yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Jawa Barat.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …