Home / Berita Banjar / Tinjauan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar ke Lokasi Bencana

Tinjauan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar ke Lokasi Bencana

Rumah milik Ade Uju (30 Tahun), warga Pamongkoran Kelurahan Banjar ambruk tanpa sebab, Minggu, 2 Februari 2020 siang. Akibat kejadian itu, istri dan kedua anaknya nyaris tertimpa bangunan yang roboh. Ketua RW 019 Kelurahan Banjar Dadang mengatakan, rumah itu tiba-tiba ambruk begitu saja. Padahal saat kejadian tidak ada hujan atau angin kencang yang bisa menjadi penyebabnya, melainkan cuaca sedang cerah.  “Saya dapat kabar dari warga rumah milik Uju tiba-tiba ambruk, kebetulan saat kejadian istri dan anaknya ada di rumah, tapi di depan rumah,” ujarnya.  Saat kejadian Erina yang merupakan istri Ade Uju dan kedua orang anaknya sedang santai di depan rumah, tiba-tiba bangunan rumahnya perlahan mulai ambruk dan langsung rata dengan tanah.
“Beruntung Erina dan anaknya berhasil selamat setelah langsung melarikan diri ketika rumah sudah mulai ambruk. Mereka hanya mengalami luka ringan di bagian kepala akibat kejatuhan material rumah dan langsung dibawa ke Puskesmas,” ujarnya. Saat kejadian Ade Uju sedang tidak ada rumah. Sehingga tetangga langsung sigap membantu dan mengevakuasi keluarga Ade Uju yang nyaris tertimpa rumah ambruk, rumah tersebut baru dibangun dua tahun yang lalu. Diduga konstruksi penyangga rumah kurang kuat sehingga ambruk.
Lurah Banjar Irfan Fauzi mengatakan, untuk sementara korban tinggal di rumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi kejadian. “Untuk perbaikan sementara kita akan ajukan ke Baznas dan jika masih kurang kita meminta bantuan dari para agnia,” jelasnya. Lanjut dia, warga sekitar bergotong royong membersihkan sisa reruntuhan bangunan yang ambruk dan memisahkan yang masih bisa digunakan atau dimanfaatkan ketika nanti dilakukan pembangunan ulang.
Senin, 3 Februari 2020 Wali Kota Banjar, Hj.Ade Uu Sukaesih menyerahkan bantuan kepada korban rumah ambruk,  Ny.Erina di Rt 03/19, Lingkungan Pamongkoran Pintu Singa, Kelurahan/Kec/Kota Banjar, Sementara  Wakil Wali Kota Banjar, H.Nana Suryana menyerahkan bantuan korban pohon tumbang, Kamis, 30 Januari  2020. Korban pohon tumbang dan rumah ambruk merasakan diperhatikan oleh Pemkot Banjar sekarang ini, setelah Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dan Wakil Wali Kota Banjar, H.Nana Suryana bersama OPD terkait, turun langsung memberikan bantuan kepada korban bencana.
Selain menyerahkan bantuan berbentuk materil, saat itu Wali Kota dan Wakil Wali Kota juga, berupaya mendukung kekuatan mental, moril korban bencana sambil berbincang dengan penuh keakraban dan kekeluargaan.” Sabar ini adalah ujian. Segala sesuatunya hanya milik Allah SWT. Kita kembalikan lagi kepada-Nya. Manusia hanya bisa merencanakan, yang menentukan semua itu adalah Yang Maha Kuasa,” ujar Wali Kota, saat bertemu keluarga korban rumah ambruk milik pasangan Ade Uju (30) dan Ny.Erina (29) warga Rt 03/19 Pamongkoran Lingkungan Pintu Singa, Kelurahan/Kec/Kota Banjar. Bersamaan itu, Wali Kota Banjar menyerahkan bantuan untuk pembangunan rumah baru, mengganti rumah yang ambruk dari Baznas Kota Banjar sebesar Rp 7,5 juta, berbentuk material bangunan dan uang 1 Juta untuk modal ade uju berjualan makroni, serta peralatan sekolah buat anak Ade Uju agar tetap sekolah.
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, meninjau dan memberikan bantuan kepada korban hujan deras dan angin kencang, pohon tumbang, keliling Kota Banjar, Kamis, 30 Januari 2020. Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota didampingi Kapolresta Banjar, Dandim 0613 Ciamis, Kepala BPBD Kota Banjar, Karang Taruna Kota dan Tim Tagana Kota Banjar. “Semoga korban bencana diberi ketabahan. Ikhtiar maksimal supaya tidak terulang atau ada masyarakat lain menglami musibah serupa. Jika ada pohon berpotensi membahayakan sebaiknya itu dipangkas saja,” ujar beliau, kemudian berharap seluruh korban bencana secepatnya diberi bantuan. Baik, bersumber dari Baznas Kota Banjar, APBD Kota Banjar maupun CSR. ” Saat ini, masih perdataan kategori rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan,” ujarnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

SPPT PBB-P2 Kota Banjar Tahun 2020 Naik 38,52 Persen

Pemerintah Kota Banjar, melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), menyampaikan Surat Pemberitahuan …

Jalan Bersih

Djarum resmi melaksanakan launching jalan bersih, di Lapang Manunggal Cikadu Karangpanimbal Kota Banjar, Minggu, 23 …