Home / Berita Banjar / Tim Verifikasi Kementerian PPPA Kunjungi Banjar

Tim Verifikasi Kementerian PPPA Kunjungi Banjar

Tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan evaluasi Kota Layak Anak, selama tiga hari dari tanggal 19-22 Juni 2019.
  Sebelumnya Kota Banjar pernah meraih Penghargaan Kota Layak Anak Tahun 2018 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penghargaan itu diberikan karena Kota Banjar dinilai berhasil menyelenggarakan layanan perlindungan terhadap perempuan dan anak di Kota Banjar.
  Pada tahun 2019 ini Kota Banjar termasuk 23 Kab/ Kota dari 27 Kab/ Kota se-Jawa barat yang berhasil diverifikasi oleh tim Kementerian PPPA.
Jum’at, 21 Juni 2019, di ruang rapat II Setda berlangsung acara ekpos dan dialog bersama tim verifikasi lapangan Kementerian PPPA.
  Ketua Tim Verifikasi Kementerian PPPA, Taufik Uwaidha menyebutkan bahwa Banjar diverifikasi karena telah lolos verifikasi tahap awal yakni administrasi yang dilaksanakan bulan april lalu dan sekarang ini diverifikasi lapangan, katanya.
  Menurutnya perlindungan anak diprioritaskan lebih kepada pemenuhan hak-hak anak, seperti hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu dan kegiatan budaya serta hak perlindungan khusus, 30% penduduk Jawa Barat adalah anak-anak. Seiring hal tersebut dia berharap Jabar mendapat perhatian khusus dari Kementerian PPPA, anak-anak itu aset jangan jadikan mereka sebagai beban karena aset ini bisa dipetik dimasa mendatang, berlatar itu kualitas anak harus diperhatikan sejak dini, jadikan anak- anak sebagai investasi masa depan.
  Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjar, Asep Tatang Iskandar, menargetkan Kota Banjar tahun 2019 ini dapat meraih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya.
  Juara bukan tujuan, karena kota layak anak itu bertujuan memberikan rasa aman, nyaman dan ramah terhadap anak, untuk itu Kota Banjar berkwajiban melindungi hak-hak anak selama ada diwilayah Kota Banjar, pernyataan tersebut dikatakan Wali Kota pada acara ekpos dan dialog bersama tim verifikasi lapangan Kementerian PPPA yang dihardiri oleh perwakilan OPD dan unsur terkait.
  Adapun beberapa lokus di Banjar yang dikunjungi oleh tim verifikasi, diantaranya RA Al-Ikhlas Raharja, SDN 1 Banjar, SMPN 7 Banjar, SMAN 2 Banjar, Sekretariat Forum Anak Kota Banjar, dan puskesmas Banjar 1, kemudian Klinik Pratama dr. Sari, sekretariat ruang baca komunitas, Rw 8 dusun Randegan, Desa Rejasari, dan Kecamatan Banjar, juga ke sekretariat P2TP2A Kota Banjar, Ruang terbuka hijau Pusdai, BPJS, ruang laktasi Pasar Banjar, LKSA faturahman dan Lapas Banjar.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Hari Krida Pertanian Ke-47 Tingkat Kota Banjar

  Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), menggelar Hari Krida …

Pelantikan Penjabat Kades Binangun, Batulawang dan Mulyasari

  Di Aula Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Selasa, 09 Juli 2019, Wali Kota Banjar, DR., …