Home / Berita Banjar / Swab Test Untuk Tokoh Agama Dan Tenaga Kesehatan

Swab Test Untuk Tokoh Agama Dan Tenaga Kesehatan

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar kembali menggelar swab test di lapang tenis Pendopo Kota Banjar, Selasa,  23 Juni 2020. Target sasaran tes swab kali ini adalah para tokoh agama, tenaga kesehatan dan warga yang mendaftar di aplikasi Pikobar.
Sebanyak 100 alat tes swab disiapkan setelah sebelumnya berhasil menjaring sekitar 365 pedagang dari target 503 alat tes di Pasar Banjar, Pasar Bojongkantong dan Pasar Langensari Kota Banjar. “Untuk kuota pedagang, sisanya akan kami lakukan pengambilan swab test massal ke sejumlah sarana publik seperti Banjar Atas dan sebagian lain dari pusat-pusat perbelanjaan seperti toko yang belum sempat menjalani swab. Sementara untuk hari ini, kami akan melakukan 100 tes swab ke sejumlah tokoh agama, tenaga kesehatan di RSUD dan klinik-klinik yang ada di Kota Banjar juga warga yang daftar di aplikasi Pikobar,” jelas dr. Agus Budiana, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Banjar.
Sementara Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dalam kegiatan ini mengatakan pelaksanaan swab test kali ini adalah sebagai upaya preventif Pemerintah Kota Banjar dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Sasaran tokoh agama dan para tenaga kesehatan ini semata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Kenapa Toga dan Nakes yang menjadi target, karena mereka merupakan orang-orang yang punya interaksi tinggi dengan masyarakat dan beresiko terpapar sehingga pengambilan swab test diperlukan untuk kategori ini,” jelasnya. Beliau menambahkan bahwa hasil pengambilan sample swab akan di kirim ke Labkesda provinsi di Bandung, dan akan keluar hasilnya satu minggu kemudian.
“Labkesda provinsi hanya menerima 110 sample swab per daerah, dan hasilnya akan keluar minimal satu minggu kemudian, dan jika ada yang terkonfirmasi positif kemungkinan akan memberi informasi secepatnya agar dilakukan tracking”, katanya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Positif Corona di Kota Banjar Kembali Bertambah, Jadi 3 Orang

Hasil swab massal kembali menunjukkan satu lagi warga Kota Banjar terkonfirmasi positif Covid-19. Jadi total …