Home / Berita Banjar / Story Telling Tumbuhkan Minat Baca kepada Anak

Story Telling Tumbuhkan Minat Baca kepada Anak

Untuk menumbuhkan gemar membaca pada masyarakat dan anak- anak. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kota Banjar menggelar kegiatan lomba story telling anak tingkat Kota Banjar, untuk mencari bakat anak yang akan mewakili Kota Banjar dalam perlombaan story telling ditingkat Provinsi. Lomba story telling ini digelar di halaman kantor DKPD Kota Banjar, Selasa 30 April 2019. Tema lomba ini yaitu, ” Peningkatan budaya literasi dan karakter bangsa melalui pengembangan kompetensi bercerita”.
   Acara tahunan ini diikuti oleh 19 peserta dari seleksi setiap UPTD Pendidikan Se-Kota Banjar dari berbagai sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Banjar. Acara dibuka oleh Wakil Wali Kota Banjar, dan dihadiri oleh para Kepala OPD se-Kota Banjar.
  Menurut Drs. H. Obang Subarman Ms.i Kepala Dinas DKPD Kota Banjar mengungkapkan, acara tahunan ini untuk menumbuhkan bercerita kepada anak, acara story telling ini mengambil tema ” Menumbuhkan gemar membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal” bertujuan agar minat baca anak pada buku mulai digemari. Story telling ini untuk menumbuhkan literasi, membaca, dan bercerita. Perlombaan ini nantinya akan diambil juara satu, dua, dan tiga dengan hadiah trofi dan uang pembinaan, sedangkan untuk juara satu akan mewakili Kota Banjar di lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat.
  “Acara ini mempunyai tujuan menumbuhkan minat baca dan gemar membaca kepada para anak-anak, serta memperkenalkan perpustakaan kepada warga Banjar,” terangnya. Menindak lanjuti gerakan membaca nasional oleh Presiden untuk meningkatkan pelayanan kualitas perpustakaan dan budaya baca pada masyarakat. Tak hanya itu dengan perkembangan jaman teknologi banyak anak – anak yang menggunakan gadget dan smartphone, sementara membaca buku mulai tidak digemari.
  Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana menuturkan bahwa Lomba Cerita ini sebagai upaya mewujudkan anak yang berahlakul karimah. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa di era digital belakangan ini, ada pergeseran prilaku anak misal, akibat fokus ngoprek hape, sampai saat menjawab pertanyaan dari orang tua pun, tak meliriknya. “Melalui lomba bercerita ini, otomatis peserta diharuskan membaca dahulu, hal ini, sekaligus sebagai upaya meningkatkan minat baca buku kalangan anak,” ucapnya.
  Ketua Panitia, Hj.Kokom Komala, menjelaskan dari, dari 15 peserta yang terdaftar, sebanyak 14 peserta mengikuti lomba. Adapun juaranya, juara 1 (Amanda Puspita Ayu/SD Inspiratif Al Ilham), juara 2 (Fitria Nurzabiela Sugesti/SDN 2 Banjar), juara 3 (Jessica Purboyo/SDN 2 Hegarsari). Sementara, juara harapan 1 (Muhammad Gifar/SDN 2 Mekarharja), juara harapan 2 (Rizky Suryadijaya/SDN 2 Langensari), juara harapan 3 (Shinta Riana Dewi/SDN 1 Raharja).
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Tarawih Keliling DKL Al-Barokah Langensari

Kamis, 16 Mei 2019 Jajaran Pemerintah Kota Banjar melakukan Kegiatan Buka Bersama dan Tarawih Keliling …

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kota Banjar

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kota Banjar dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjar, Hj. …