Home / Berita Banjar / Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak

Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak

   Pemerintahan Kota Banjar melalui Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Banjar mengadakan sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Banjar Tahun 2018, di Aula Setda Kota Banjar, Senin, 16 April 2018. Hadir dalam Acara tersebut Plt. Wali Kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes para Kepala OPD, para Camat, Kades dan Sekdes, serta Anggota BPD se-Kota Banjar.
   Kepala Bagian Tapem, Irwan Adhiawan SSTP, M.Si selaku ketua panitia penyelenggara dalam laporannya memaparkan terhadap para peserta sosialisasi khususnya Kades, Sekdes, dan BPD, mengenai berbagai regulasi terkait dengan Pilkades serentak, yang akan dilaksanakan di Kota Banjar yang meliputi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa disebutkan bahwa masa jabatan Kades adalah 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan, selanjutnya pengisian jabatan Kepala Desa sebagaimana diamanatkan dalam pasal 3 Peraturan Wali Kota Banjar nomor 17 Tahun 2018 tentang tata cara Pilkades, dilaksanakan melalui proses pemilihan Kades secara serentak bergelombang dengan mempertimbangkan : 1. Pengelompokan waktu berakhirnya masa jabatan Kepala Desa, 2. Kemampuan Keuangan Daerah, 3. Ketersediaan PNS diKota Banjar yang memenuhi persyaratan sebagai Penjabat Kades.
   Dia menambahkan bahwa Pilkades gelombang pertama dilaksanakan pada tahun 2018 dengan jumlah desa yang melaksanakan pemilihan Kades sebanyak 5 Desa, yaitu : Desa Sukamukti, Sinartanjung, Rejasari, Kujangsari dan Jajawar,  dengan jadwal pemilihan gelombang pertama ditetapkan pada Rabu 31 Oktober 2018. Pemilihan Kades  dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang dimulai 6 bulan sebelum tanggal pemungutan suara, tahapan tersebut diantaranya terdiri dari tahapan persiapan, pendaftaran pemilih, pencalonan, pemungutan suara dan penetapan, tahapan tersebut diharapkan bisa dilaksanakan dengan tertib dan lancar, sehingga proses pemilihan Kades dapat terselenggara secara demokratis dan menghasilkan Kades terpilih sesuai dengan harapan masyarakat. Kemudian untuk biaya pemilihan Kades serentak bersumber dari APBD Kota Banjar dalam bantuan keuangan yang bersifat khusus kepada Pemdes, yang pertanggung jawabannya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pertanggungjawaban APBDES, besaran bantuan keuangan pemilihan Kades ditetapkan secara proporsional sesuai dengan kondisi dan kebutuhan desa yang melaksanakan pemilihan Kades.
   Sementara Plt. Wali Kota mengatakan bahwa Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, sebab masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa sesuai kebutuhan masyarakat. Kades sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi dimasyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil makmur sejahtera lahir dan batin.
   Masih menurut beliau, Pilkades juga merupakan sarana pemersatu masyarakat bukan untuk memecah belah, masyarakat sebagai subyek untuk menentukan figur pemimpin didesa dan bukan obyek yang mudah dipengaruhi, karena masyarakat punya akal pikiran dan hati nurani jangan sampai mudah dipengaruhi dengan politik uang atau sesuatu yang sifatnya sementara, sedangkan Kades terpilih nantinya akan memimpin penyelenggaraan Pemdes selama 6 tahun kedepan. Pilkades juga merupakan sarana pendidikan politik masyarakat, dalam arti yang sempit, pendidikan politik dapat diartikan sebagai usaha sadar untuk mengubah proses sosialisasi politik masyarakat sehingga mereka memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam suatu sistem politik ideal yang hendak dibangun, sedangkan dalam arti yang luas pendidikan politik diarahkan untuk menyadarkan masyarakat akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara untuk ikut menentukan arah kehidupan berbangsa dan bernegara dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
   Beliau berharap seluruh pihak bisa berpartisipasi secara aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa ini, mulai dari unsur Pemdes, BPD, LKD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bindes dan unsur masyarakat lainnya agar dapat memberikan kontribusi positif bagi penyelenggaraan Pilkades untuk menjamin Pilkades berjalan aman, tertib dan lancar.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

KUNKER WALI KOTA BANJAR KE DESA MULYASARI

   Rabu, 17 Oktober 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Wali Kota Banjar Jenguk Korban Gempa Palu

   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjenguk korban bencana gempa Palu Sulawesi Tengah …