Sosialisasi Literasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Dan Rencana Pembentukan TPAKD

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) merupakan forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan untuk percepatan akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam upaya pembentukan TPAKD Kota Banjar, Pemerintah Kota Banjar menggelar Sosialisasi Literasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan Rencana Pembentukan TPAKD Kota Banjar yang bertempat di Ruang Rapat Gunung Sangkur Setda Kota Banjar, Kamis 28 Oktober 2021.
Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si. Kegiatan yang diikuti oleh Wakil Wali Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar serta para Kepala Perangkat Daerah ini dihadiri oleh Kepala OJK Tasikmalaya serta Kasubag EPK OJK Tasikmalaya.
Dalam arahannya, Wali Kota menuturkan, pembentukan TPAKD pertama kali diinisiasi oleh Presiden RI pada Tahun 2016, yang ditindaklanjuti dengan Radiogram Mendagri Nomor T-900/634/Keuda, tanggal 19 Februari 2016. Seiring perkembangan waktu, Mendgari dalam Rakornas TPAKD Tahun 2020 menghimbau kepada Kepala Daerah agar dapat meningkatkan komitmen dan sinergi dalam implementasi program, menyegerakan pembentukan TPAKD, memperkuat sinergi khususnya melalui TPAKD dan TPID serta mendukung implementasi berbagai program TPAKD.
“Dalam rangka mendukung percepatan target inklusi keuangan nasional, maka pembentukan TPAKD secara masif sangat diperlukan. Pembentukan TPAKD tersebut tentunya membutuhkan perencanaan yang baik dan efektif serta mempertimbangkan segala aspek, seperti mekanisme dan langkah-langkah yang diperlukan. Maka dari kegiatan sosialisasi ini saya berharap dapat memberikan tambahan literasi tentang mekanisme dalam pembentukan TPAKD di Kota Banjar,” jelas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …