Home / Berita Banjar / SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN

SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN

  Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjar menyelenggarakan acara Pendidikan dan Latihan untuk para generasi muda Kota Banjar yaitu berupa sosialisasi 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kepada generasi muda. Acara tersebut digelar di Aula Desa Jajawar Kecamatan Banjar Kota Banjar, pada hari Kamis,  Tanggal 05 April Tahun 2018.
   Hadir dalam Acara tersebut Plt. Wali Kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia,M.Kes yang membuka secara langsung acara tersebut, ada juga Camat Banjar, Dedi Suryadi, SSTP.M.Si, Danramil Banjar, Mayor Inf. Drs. Agung Subekti dan Kepala Dinas PMKBPOL, Sahudi SH,M.Si serta para peserta sosialisasi yang merupakan siswa- siswi SLTA se-Kota Banjar.
   Kepala Dinas PMKBPOL Kota Banjar, mengatakan bahwa sosialisasi empat pilar kebangsaan ini sangat penting terutama dalam memahami proses sejarah lahirnya Pancasila. Sebab, ternyata masih ada generasi muda yang masih bingung dengan tanggal lahirnya Pancasila. Ini adalah bukti mereka masih kurang informasi, padahal memahami isi dan sejarah Pancasila adalah syarat dalam mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari di daerahnya, sebab jika memahami betul nilai-nilai luhur bangsa maka mereka akan bijak apabila kelak mereka menjadi pejabat publik.
   Plt. Wali Kota Banjar mengatakan bahwa sosialisasi konstitusi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia tetap penting menjaga negara yang kokoh dan eksis. “Upaya sosialisasi semakin penting untuk menangkal paham radikal baik yang bersumber dari paham fundamentalisme maupun pasar yang akan mengganggu keharmonisan serta memecah belah NKRI. “Adalah tanggung jawab bersama segenap elemen bangsa Indonesia untuk tidak hanya sekedar memahami Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara tanpa meluruskan sejarah dari Pancasila itu sendiri,” ujarnya.
   Perhatian generasi muda pada nilai-nilai luhur bangsa itu adalah modal dasar munculnya generasi muda yang berkualitas, berkarakter dengan rasa nasionalisme tinggi dan gemar bekerja keras. “Generasi muda yang berkarakter kebangsaan yang kuat dan pekerja keras akan mampu menjadi penyelamat negara ini termasuk menjadi pimpinan nasional. Generasi muda mahasiswa jangan takut untuk menggapai itu semua, asal bekerja keras maka Insya Allah akan tercapai,” tambahnya. Terakhir beliau menegaskan kepada para generasi muda agar bangga dengan kemampuan sebagai anak Indonesia. Kebanggaan sebagai bangsa yang berpancasila. ” Generasi muda janganlah silau dengan apapun yang dari luar. Kualitas dan kemampuan bangsa kita tidak kalah dengan bangsa lain, itu harus dicamkan.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL & APEL GABUNGAN SERTA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL FORMASI BIDAN PTT DAN PENYULUH PERTANIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJAR TAHUN 2018

   Senin, 17-09-2018 berlangsung Acara Upacara Hari Kesadaran Nasional & Apel Gabungan serta Pengambilan Sumpah …

SEPEDA NUSANTARA ETAFE MANDALAREH

   Minggu, 16 September 2018 benar-benar menjadi hari yang bahagia bagi masyarakat Kota Banjar, khususnya …