Home / Berita Banjar / Seminar Refleksi Sumpah Pemuda

Seminar Refleksi Sumpah Pemuda

Dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ke-91, PMII Kota Banjar menyelenggarakan seminar refleksi Sumpah Pemuda yang bertempat di Aula STISIP Bina Putera Banjar, Selasa 5 November 2019.
Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana menjadi pembicara dalam acara tersebut, dalam paparannya, beliau membahas tentang peran pemuda masa lalu dan masa sekarang. Beliau memaparkan bahwa 91 tahun berlalu sejak 1928 hingga 2019, saat ini para pemuda masih meneriakan sumpah setia “satu nusa satu bangsa dan satu bahasa persatuan Indonesia”. Kini kondisi bangsa telah berubah kondisi pemuda Indonesia pun ikut berbeda, serangkaian aksi dan gerakan pemuda atau mahasiswa pada masa lalu tentunya didasari rasa cinta terhadap Indonesia, rasa cinta yang menggelora itu dibarengi pula oleh kecerdasan intelektual ketajaman berpikir dan semangat pergerakan.
Tapi sekarang mungkin berbeda, rasa cinta negeri sendiri tak sekuat dulu dari segi budaya misalnya  pemuda indonesia kini barangkali lebih hafal dan lebih mengenal budaya asing dibanding budaya sendiri, ramai pemuda-pemuda sekarang ini menggandrungi budaya Korea, Jepang dan lainnya, lalu lupa akan budaya indonesia atau budaya daerah sendiri.
“Oleh karena itu dimoment 91 tahun Sumpah Pemuda sudah saatnya pemuda Kota Banjar kembali memaknai Sumpah Pemuda dengan mempertahankan budaya diskusi dan membaca seperti yang pernah dibiasakan oleh generasi pemuda di era kemerdekaan dan era reformasi jauh sebelum internet dan medsos yang hadir ditengah tengah masyarakat Indonesia”, pungkasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di Desa Cibeureum

Salah satu  tujuan diselenggarakannya kegiatan BSMSS adalah memberikan motivasi sekaligus stimulant kepada masyarakat, karena melalui …

Monitoring dan Evaluasi Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat

Dalam rangka monitoring dan evaluasi Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019, Tim Monev Kesatuan Gerak …

Tinggalkan Balasan