Home / Berita Banjar / Ru’yatul Hilal 1 Ramadhan di Gunung Babakan Kota Banjar

Ru’yatul Hilal 1 Ramadhan di Gunung Babakan Kota Banjar

BHRD Kota Banjar melakukan ru’yatul hilal di Pusat Observasi Bulan (POB) Gunung Babakan untuk penentuan awal Ramadhan 1440 H di tahun 2019, Minggu, 5 Mei 2019.
  Tim Ahli BHRD Kota Banjar, Badar Ismail, mengatakan, penentuan awal Ramadhan di Kota Banjar melalui dua metode, yakni hisab ‘urfi dan ru’yatul hilal, bahwa sesuai data hisab yang dilakukan hari ini, pada Minggu, 5 Mei 2019 matahari terbenam pukul 17.39.37 WIB dengan tinggi hilal pada Minggu malam Senin di posisi 5’ 52’ 15,9’ di atas ufuk mar’i. Sedangkan arah matahari berada di utara titik barat 16’ 11’ 40,2’.
  Adapun arah hilal berada di 14’ 42’44,04’ di utara titik barat. Sementara itu, posisi hilal berada di 1’ 28’ 55,78’ atau berada di selatan matahari terbenam dengan keadaan hilal miring ke selatan.  Adapun untuk lama hilal sendiri berlangsung selama 23 menit 40,76 detik dan hilal terbenam pada pukul 18.28 WIB,” jelasanya.
  Dia menambahkan, meski sesuai hasil hisab 1 Ramadhan jatuh pada 6 Mei 2019, namun hasil ru’yatul hilal di Kota Banjar tidak terlihat hilalnya. Karena itu ia masih menunggu hasil sidang yang dilakukan oleh Kemenag Pusat. “Sejak tahun 2008 POB ini berdiri, belum pernah ada yang melihat hilal secara langsung. Sempat ada yang melihat, tapi dinyatakan ragu. Sehingga hal itu sama saja tidak melihat,” imbuhnya.
  Berkaitan lokasi POB yang dinilai kurang repserentatif, Badar mengatakan pihaknya mengharapkan agar ke depan lokasi tersebut bisa lebih baik lagi dari saat ini. “Seharusnya memang tempat ini dibersihkan dan para peserta yang mengikuti ini bisa menghadap ke arah matahari, kalau sekarang kan justru menghadapnya ke yang meneropong. Mudah-mudahan saja ke depan bisa direalisasikan oleh pemerintah,” pungkasnya.
  Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, mengatakan, Pemkot Kota Banjar siap melakukan perbaikan lokasi POB. Ia mengharapkan agar BHRD melakukan komunikasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait. “Berkaitan ini tinggal koordinasi lebih lanjut saja dengan pihak yang terkait, Insya Alloh akan kita bantu. Semoga di bulan ramadhan ini keimanan dan ketaqwaan kita bisa meningkat,” pungkasnya.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sidang Isbat Nikah

Sebanyak 30 pasangan mengikuti Sidang Isbat Nikah Massal Gratis di Pendopo Kota Banjar, Kamis, 10 …

Kodim 0613 Ciamis Gelar Upacara HUT TNI ke-74 di Kota Banjar

Upacara peringatan HUT TNI ke-74 tingkat Kodim 0613 Ciamis kali ini dilaksanakan di Sport Center …