Rapat Paripurna Penetapan Dua Raperda Digelar DPRD Kota Banjar

Rapat Paripurna penetapan dua Raperda digelar DPRD Kota Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar. Rapat paripurna penetapan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) itu berlangsung di Gedung DPRD Kota Banjar, Selasa (28/07/2020).
Dua buah Raperda yang ditetapkan meliputi Raperda tentang Perusahaan Air Daerah Tirta Anom, dan Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019.
Pada kesempatan itu, Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, dengan adanya penetapan dua Raperda tersebut menjadi Perda, maka ada penyesuaian BUMD. Yakni, dari sebelumnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anom, menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Anom.
Penyesuaian tersebut berdasarkan ketentuan PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang baru pada tahun ini bisa direalisasikan. “Dengan adanya penyesuaian ini diharapkan Perumda Tirta Anom lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wali Kota.
Sementara itu, terkait Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019, Wali Kota menyampaikan bahwa realisasi pendapatan tahun 2019 sebesar Rp. 797.216.089.184,- atau sekitar 86,02 persen. Jumlah sebesar itu dari anggaran Rp. 926.786.860.916,-.
Selanjutnya, dalam pengelolaan keuangan daerah ke depan, pihak Pemerintah Kota Banjar senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan daerah yang transparan, dan akuntabel. “Tentunya ke depan kami akan lebih transparan dan proporsional dalam mengelola keuangan daerah, agar lebih efisien dan efektif,” katanya.
Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, menyambut baik penetapan Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah tersebut. Menurutnya, penyesuaian itu sudah semestinya dilakukan. Agar dalam pelaksanaannya Perumda Tirta Anom bisa sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada saat ini. “Tentu kami menyambut positif penetapan Raperda tentang Perumda ini. Semoga nantinya Perumda dapat berkembang pesat, dan bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Banjar,” tegasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Ngawal Jawa Barat Zero New Stunting (NGABRING) Tahun 2022

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan …

Wali Kota Buka Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Bagi Pelaku UKM

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk …