Home / Berita Banjar / RAPAT PARIPURNA HARI JADI KOTA BANJAR KE-16

RAPAT PARIPURNA HARI JADI KOTA BANJAR KE-16

  Bertempat di Gedung DPRD Kota Banjar, Kamis, 21 Februari 2019, berlangsung Acara Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi Kota Banjar ke-16 Tahun 2019. Hadir dalam acara ini Anggota DPR RI Daerah Pemilihan IX, Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat Pemilihan XI, Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV, Wali Kota Banjar, Ketua DPRD beserta Seluruh Anggota DPRD Kota Banjar, Wakil Wali Kota Periode 2013-2018, Para Bupati dan Wali Kota beserta Ketua DPRD Kabupaten Tetangga, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Banjar, Sekretaris Daerah, para Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta alim ulama, tokoh masyarakat, dan media serta  tamu undangan lainnya.
  Tema Hari Jadi Kota Banjar ke-16 ini adalah bersama masyarakat kita wujudkan “BANJAR makin BERSERI” yaitu “ BERsih Pemerintahannya, SEjahtera Masyarakatnya, AsRI Lingkungannya Menuju Banjar Agropolitan”. Seiring dengan tema tersebut diatas tentunya kita semua diharapkan dapat lebih bersemangat dan terus bekerja keras untuk melaksanakan pembangunan dan memperkokoh pondasi yang akan menjadi landasan yang kuat dalam pencapaian tujuan dimasa yang akan datang yaitu mensejahterakan masyarakat Kota Banjar secara lahir dan batin. Terealisasinya visi dan misi Kota Banjar tersebut tentu saja bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata, melainkan juga membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh stakeholder serta masyarakat Kota Banjar secara keseluruhan.
   Semua penghargaan yang diraih adalah keberhasilan kita bersama yang tentu saja merupakan buah dari kerja keras kita semua. Untuk itu, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasi yang telah diberikan. Namun demikian, penghargaan ini bukanlah merupakan tujuan akhir tetapi harus dijadikan landasan untuk terus meningkatkan dan memperbaiki kinerja bersama serta menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu berbuat yang terbaik dan menjadi lebih baik lagi. Kedepan, masih banyak agenda-agenda lain yang memang telah kita rencanakan, baik yang baru akan kita mulai maupun yang bersifat lanjutan, semuanya merupakan agenda-agenda pembangunan yang akan sangat membutuhkan semangat pengabdian yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
   Peringatan Hari Jadi Kota Banjar ke-16 tahun 2019 ini merupakan tahun pertama dimasa jabatan periode kedua saya dan alhamdulillah upaya pembangunan Kota Banjar menuju masyarakat sejahtera sudah dan sedang kita laksanakan bersama dan sampai saat ini sudah cukup berhasil dan keberhasilannya mulai dirasakan oleh masyarakat.
Beberapa indikator makro, seperti Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) yang terus bergerak tumbuh, tercatat LPE paling tinggi mencapai 5,86% pada tahun 2016 dan mudah-mudahan naik terus dengan diiringi tingkat ketimpangan yang rendah (dibawah 0.3) yang saat ini capaian indeks gini tahun 2017 di angka 0.381.
  Begitupun untuk tingkat kemiskinan, jumlah dan persentase penduduk miskin di Kota Banjar dari tahun 2012 hingga 2017 cenderung menurun. Berdasarkan data BPS masih ada sekitar 7.06% atau sekitar 12,8 ribu jiwa penduduk miskin pada tahun 2017. Jika jumlah dan persentase penduduk miskin Kota Banjar dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Jawa Barat, maka capaian Kota Banjar termasuk yang relatif baik. Jumlah penduduk miskin di Kota Banjar paling rendah dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Jawa Barat. Sementara itu, persentase penduduk miskin di Kota Banjar paling rendah nomor 6 di Provinsi Jawa Barat
  Kita jangan terlena dengan penghargaan, tantangan kedepan masih berat, masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita tuntaskan. Kota Banjar harus sudah siap menghadapi rencana pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Garut – Tasikmalaya dan juga reaktivasi jalur kereta Banjar – Pangandaran. Banjar tidak boleh jadi kota perlintasan saja, harus ada daya tarik yang lebih menarik di Kota Banjar. Jangan pesimis dengan minimnya sumber daya alam. Wisata-wisata buatan, pusat-pusat bisnis bisa kita ciptakan. Mari berinovasi.
 
Sumber        : Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Panen Hadiah Simpedes BRI

Selasa, 09 April 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, menghadiri …

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang …