Home / Berita Banjar / RAPAT PARIPURNA HARI JADI KOTA BANJAR KE-15

RAPAT PARIPURNA HARI JADI KOTA BANJAR KE-15

   Bertempat di Gedung DPRD Kota Banjar, Rabu, 21 Februari 2018, berlangsung Acara Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi Kota Banjar ke-15 Tahun 2018.  Tema hari jadi ke-15 Kota Banjar, adalah “Banjar Gumilang Caang Baranang dengan tema ini diharapkan Kota Banjar semakin gemilang dengan berbagai prestasi atas keberhasilan pembangunan selama lima belas tahun berdiri.
   Hadir dalam acara ini Anggota DPR RI Daerah Pemilihan IX, Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat Pemilihan XI, Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV, Plt. Wali Kota Banjar, Ketua DPRD beserta Seluruh Anggota DPRD Kota Banjar, para Calon Wali Kota Periode 2018-2023, Para Bupati dan Wali Kota beserta Ketua DPRD Kabupaten tetangga, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Banjar, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta alim ulama, Tokoh masyarakat, dan media serta  tamu undangan lainnya.
   Dalam sambutannya Plt. Wali Kota Banjar mengatakan bahwa Peringatan Hari Jadi Kota Banjar ke-15 Tahun 2018 ini merupakan tahun kelima dan merupakan tahun terakhir masa jabatannya. Sampai dengan tahun ini upaya pembangunan Kota Banjar menuju masyarakat sejahtera sudah dan sedang dilaksanakan dan sampai saat ini mulai dirasakan oleh masayarakat. Pemerintah juga berupaya membangun sumber daya manusia yang madani dan sumber daya manusia yang memiliki keahlian, karena pembangunan harus sejalan dan seimbang antara pembangunan fisik infrastruktur kota dengan pembangunan sumber daya manusia termasuk didalamnya sumber daya aparatur para pelaksana dan penyelenggara pemerintahan kota yang aspiratif, inovatif dan kompetitif.
   Hal ini Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Banjar Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Visi dan misi Kota Banjar Tahun 2014-2018 adalah“DENGAN IMAN DAN TAQWA KITA WUJUDKAN MASYARAKAT KOTA BANJAR YANG AGAMIS, MANDIRI DAN SEJAHTERA MENUJU BANJAR AGROPOLITAN”, Untuk mewujudkan visi tersebut, Kota Banjar mengemban 4 misi yaitu :
  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terdiri dari sembilan sasaran strategis dan enam puluh enam indikator. Rata-rata capaian indikator sasaran strategis adalah sebesar 99,28 persen. Indikator sasaran strategis dengan capaian tertinggi adalah indikator sektor kesehatan yaitu menurunnya angka kematian bayi.
  2. Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE),terdiri dari sepuluh sasaran strategis dan 24 indikator sasaran. Rata-rata capaian indikator adalah 77,56 persen. Indikator sasaran dengan capaian tertinggi adalah indikator penyerapan tenaga kerja.
  3. Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup, terdiri dari lima sasaran strategis dan 12 indikator sasaran. Rata-rata capaian indikator adalah 91,32 persen. Indikator sasaran strategis dengan capaian tertinggi adalah cakupan penanganan sampah.
  4. Meningkatkan Kesadaran dan Ketaatan Hukum serta tata kelola pemerintahan secara profesional untuk menjamin terciptanya Good Governance dan Clean Goverment, terdiri dari delapan sasaran strategis dengan 28 indikator sasaran. Rata-rata capaian kinerja indikator sasaran adalah 79,49 persen. Indikator sasaran dengan capaian tertinggi adalah IKM Pelayanan Perijinan.
   Kinerja Pemerintah Kota Banjar sampai dengan tahun 2017 sudah mencapai 86,91 persen dan di sisa waktu periode RPJMD 2014-2018 Pemerintah Kota Banjar dapat menyelesaikan target kinerja. Pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Banjar mempunyai program prioritas berdasarkan 4 misi, diantaranya:
1.  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM);
  Sejak awal berdiri, Kota Banjar berkomitmen untuk memajukan pendidikan dengan menggratiskan biaya pendidikan sampai dengan jenjang pendidikan menengah. Meskipun saat ini kewenangan pendidikan menengah (SMA Sederajat) menjadi kewenangan provinsi, namun Pemerintah Kota Banjar masih mengalokasikan anggaran, diantaranya dengan Hibah dan Bantuan Keuangan untuk program Banjar Cerdas. Untuk bantuan keuangan SMA dan SMK Negeri dialokasikan sebesar Rp.4.000.000.000,- (empat milyar rupiah), Hibah kepada MA Negeri sebesar Rp 143.500.000,- (seratus empat puluh tiga juta lima ratus ribu rupiah), dan Hibah kepada SMA/SMK/MA Swasta sebesar Rp 1.313.900.000,- (satu milyar tiga ratus tiga belas juta sembilan ratus ribu rupiah).
   Untuk sektor kesehatan Pemerintah Kota Banjar  menggratiskan biaya di Puskesmas untuk pelayanan kesehatan dasar. Pada tahun 2018 mengalokasikan anggaran program Upaya Kesehatan Masyarakat Rp. 15.060.332.442,- (lima belas milyar enam puluh juta tiga ratus tiga puluh dua ribu empat ratus empat puluh dua rupiah) dan Program Obat dan Perbekalan Kesehatan sebesar Rp 860.542.000,- (delapan ratus enam puluh juta lima ratus empat puluh dua ribu rupiah). Adapun anggaran untuk Program Banjar Sehat sebesar Rp.6.300.000.000,- (enam milyar tiga ratus juta rupiah). Anggaran tersebut dialokasikan untuk Pelayanan Kesehatan Dasar bagi pemegang Kartu Banjar Sehat dan/ SKTM agar bisa dilayani di seluruh puskesmas dan rumah sakit rujukan.
   Dalam rangka memperluas cakupan pelayanan kesehatan rujukan, Pemerintah Kota Banjar pada tahun 2017 mulai membangun RSUD Langensari dan pada tahun 2018 dialokasikan kembali untuk melanjutkan pembangunan tersebut sebesar Rp 15.000.000.000,- (lima belas milyar rupiah) dari APBD Kota Banjar dan Rp 25.000.000.000,- (dua puluh lima milyar rupiah) dari APBD Provinsi, dan ditargetkan selesai pembangunan fisik pada tahun ini. Sementara untuk pengadaan Alat Kesehatan dialokasikan sebesar Rp. 15.000.000.000.- (lima belas milyar rupiah) dari APBD Kota Banjar.
2.  Meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE);
  Pemerintah Kota Banjar terus berupaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat, realisasi investasi, dan berupaya untuk memperluas pangsa pasar produk-produk usaha yang berbasis UMKM.Adapun program-program unggulan tersebut mencakup:
a. Pengembangan sektor Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan industri dengan alokasi anggaran kurang lebih tiga koma tujuh milyar rupiah.
b. Peningkatan realisasi investasi dengan alokasi anggaran kurang lebih satu koma dua milyar rupiah.
c. Peningkatan ketahanan pangan dan produksi pertanian, dengan alokasi anggaran kurang lebih lima koma sembilan milyar rupiah.
3.  Meningkatkan kualitas lingkungan hidup;
    Program unggulan yang mendukung pencapaian misi ketiga diantaranya:
a. Program pengembangan kinerja persampahan, alokasi anggaran kurang lebih satu koma enam milyar rupiah
b. Program pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup dengan alokasi anggaran tujuh ratus lima puluh juta rupiah.
c. Program perlindungan dan konservasi Sumber Daya Alam, dengan alokasi anggaran kurang lebih empat milyar rupiah.
d. Program pengelolaan Ruang Terbuka Hijau dan Peningkatan pengendalian Polusi dengan alokasi anggaran kurang lebih tiga setengah milyar.
4. Meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum serta tata kelola pemerintahan secara profesional untuk menjamin terciptanya Good Governance dan Clean Goverment.
   Untuk mewujudkan misi tersebut, Pemerintah Kota Banjar memprioritaskan program-program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dan meningkatkan kualitas aparatur.Alokasi anggaran sebesar kurang lebih delapan ratus juta untuk pengawasan dan kurang lebih dua milyar untuk pembinaan dan pengembangan aparatur.
  Salah satu indikator atas pelaksanaan visi dan misi pemerintah Kota Banjar adalah diraihnya beberapa penghargaan atas keberhasilan pembangunan pada tahun 2017 sampai awal 2018, diantaranya :
  1. Tanggal 31 Januari 2017, Penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2016  dari Kementrian Perhubungan RI;
  2. Tanggal 09 Maret 2017, Penghargaan Realisasi Penyaluran Rastra terbaik 2016 Kategori Dukungan APBD terhadap Kelancaran Harga Tebus Raskin/ Rastra dari Gubernur Jawa Barat.
  3. Tanggal 13 April 2017, Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2017 Kategori Kota dengan Dokumen Perencanaan Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat
  4. Tanggal 25 April 2017, Penghargaan Prestasi Kinerja terbaik se-Indonesia dengan Predikat Sangat Tinggi dalam Penyelengggaraan Pemerintahan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri
  5. Tanggal 02 Juni 2017,  Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan yg diserahkan oleh BPK RI perwakilan Jawa Barat atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2016, ini merupakan WTP yang Ke-Tujuh kalinya;
  6. Tanggal 12 Juli 2017, Penghargaan PASTIKA PARAHITA dari Kementerian Kesehatan RI/Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit atas ditetapkannya Kawasan Tanpa Rokok;
  7. Tanggal 22 Juli 2017, Penghargaan Kota Layak Anak  dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak .
  8. Tanggal 02 Agustus 2017, Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia,
  9. Tanggal 06 September 2017, Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Atas Prestasi Kinerja Tertinggi  Kota/ Kabupaten Tingkat Jawa Barat Dalam Laporan  Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015
  10. Tanggal 07 September 2017, Pemerintah Kota Banjar Mendapatkan Penghargaan dari Universitas Gadjah Mada Sebagai Pemerintah Daerah Dengan Indeks Keuangan Daerah Terbaik Ke-dua Tahun Anggaran 2015;
  11. Tanggal 14 September 2017, Plakat Penghargaan Dari Presiden dan Menteri Keuangan karena telah Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian Selama Lima Tahun Berturut-Turut  sejak 2012-2016;
  12. Tanggal 10 Nopember 2017, Walikota Banjar menerima Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, dari Menteri Dalam Negeri atas Nama Presiden Republik Indonesia diberikan  Pemerintah Daerah dan Kepala Daerah yang Berkinerja Terbaik;
  13. Tanggal 13 Nopember 2017, Penghargaan Prestasi dalam bidang Bebas BAB Terbuka/ODF Peringkat ke-3 dari Gubernur Jawa Barat;
  14. Tanggal 10 Desember 2017, Penghargaan Kota Peduli Hukum dan Hak Azasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM RI
  15. Tanggal 20 Desember 2017, Anugerah Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI
  16. Tanggal 25  Januari 2018, Penghargaan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia atas Prestasi dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017 di Batam.
     Plt Wali Kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes menambahkan bahwa terealisasinya visi dan misi Kota Banjar serta penghargaan yang diraih tersebut merupakan  keberhasilan bersama dan buah dari kerja keras dari semua aparatur pemerintah yang didukung partisipasi aktif semua komponen masyarakat. Beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasi yang telah diberikan, karena semua yang diraih Kota Banjar ini bukanlah merupakan tujuan akhir tetapi harus dijadikan landasan untuk terus meningkatkan dan memperbaiki kinerja bersama serta menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu berbuat yang terbaik dan menjadi lebih baik lagi. Dan kedepan, masih banyak agenda-agenda lain yang memang telah kita rencanakan, baik yang baru akan kita mulai maupun yang bersifat lanjutan, semuanya merupakan agenda-agenda pembangunan yang akan sangat membutuhkan semangat pengabdian yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
Sumber        : Humas Setda Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

 

About Kominfo Banjar

Check Also

GEBYAR GERMAS & KEMITRAAN GERMAS

  Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang …

JALAN SEHAT HUT TNI KE-73

   Dalam rangka Peringatan HUT TNI yang ke-73, Koramil Banjar menggelar acara jalan sehat. Dalam …