Home / Berita Banjar / Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar Bahas 4 Raperda

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar Bahas 4 Raperda

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar, mengadakan rapat paripurna rancangan peraturan daerah yang akan diusulkan menjadi Peraturan Daerah. Acara tersebut berlangsung Rabu, 19 Agustus 2020 di Gedung DPRD Kota Banjar.
Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Banjar, Ketua dan anggota DPRD Kota Banjar, para Kepala OPD terkait, serta Forkopimda diantaranya Kapolres yang diwakili Kapolsek, perwakilan Kajari,  Danramil, dan Subdenpom.
4 Raperda yang diusulkan adalah raperda tentang kebencanaan kebakaran, raperda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, raperda tentang laporan hasil pembahasan KUA dan PPAS 2021 serta satu raperda inisiatif dari DPRD tentang kepemudaan.
Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi dalam rapat menyampaikan bahwa ada empat Raperda yang disepakati dan disetujui untuk dibahas lebih lanjut menjadi peraturan daerah. Keempat raperda itu yakni raperda tentang kebencanaan kebakaran, raperda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, raperda tentang laporan hasil pembahasan KUA dan PPAS serta satu raperda inisiatif dari DPRD tentang kepemudaan. “Setelah ini akan dibentuk Pansus untuk membahas lebih lanjut empat raperda tersebut,” kata Dadang R Kalyubi.
Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih berharap nantinya raperda tersebut segera masuk pembahasan dan bisa diwujudkan dalam sebuah bentuk Perda. Karena bagaimanapun, menurutnya empat perda tersebut nantinya dapat mendukung upaya pembangunan dan kemajuan Kota Banjar. “Kami apresiasi adanya Raperda inisiatif dari DPRD. Semoga bisa segera selesai dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” katanya.
Sementara itu, dikonfirmasi adanya raperda tentang kebencanaan tersebut, Kepala BPBD Kota Banjar, Dedi Suardi, melalui Kepala UPTD Damkar, Aam Amijaya, mengatakan, bahwa peraturan daerah tentang kebencanaan kebakaran itu harus bisa terealisasi. Menurutnya, selama ini belum ada peraturan yang mengatur secara komprehensif tentang penanganan dan pencegahan tentang sub urusan bencana kebakaran. Sehingga, menjadi kendala bagi petugas ketika di lapangan. “Usulan adanya raperda kebakaran itu penting bagi kami sebagai dasar acuan pelaksaanan dalam bertugas. Kami berharap secepatnya bisa diwujudkan dalam bentuk Perda,” kata Aam.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Hadiri World Contraception Day

Kamis, 17 September 2020, bertempat di Klinik PKU Muhammadiyah, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …