Home / Berita Banjar / RAPAT KOORDINASI KETAHANAN PANGAN

RAPAT KOORDINASI KETAHANAN PANGAN

 Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan memperkuat koordinasi instansi lintas sektoral yang mendukung pembangunan ketahanan pangan, maka Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan  Kota Banjar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan yang diselenggarakan pada hari Senin,24 September 2018, bertempat di Balai Benih Ikan Kubangpari Kota Banjar, dengan menghadirkan narasumber Ketua Dewan Ketahana Pangan Kota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM, acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar, DR, Drs.H.Ade Setiana,M.Pd
   Persediaan pangan di Kota Banjar hingga akhir tahun 2018 masih surplus. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi Dewan Ketahan Pangan (DKP) Kota Banjar di Aula Balai Benih Ikan (BBI) Senin, 24 September 2018. “Hal ini didukung dengan adanya program pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) di setiap desa dan kelurahan,” terang Sekretaris Daerah Kota Banjar, DR.Drs.H. Ade Setiana, M.Pd.
   Sekretaris Daerah menjelaskan program tersebut dilaksanakan kelompok tani yang membeli hasil gabah dari para petani. Lalu diproses jadi beras medium yang dijual Rp 8.500 per kilogramnya. Menurut beliau itu sangat membantu meningkatkan perekonomian petani. Sebab hasil gabah mereka dibeli dengan harga pantas. “Program ini harus terus dilakukan dalam upaya menjaga ketersediaan pangan di daerah, khususnya Kota Banjar,” ungkapnya.
   Ketua KTNA Kota Banjar, DR.dr. H. Herman Sutrisno, MM menambahkan bahwa Kota Banjar didukung dengan beberapa lumbung padi. “Hal itu untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kota Banjar, sehingga persediaan pangan tetap aman dan terkendali,” jelasnya.
   Herman Sutrisno menambahkan bahwa urusan ketahanan pangan merupakan urusan yang mendasar, karena menyangkut salah satu hak dasar dari masyarakat. Oleh karena itu, melalui UU No 32 tahun 2004 yang ditindaklanjuti dengan PP No 38 tahun 2010 disebutkan bahwa : Ketahanan pangan merupakan urusan pemerintahan yang wajib diselenggarakan oleh pemerintahan daerah provinsi dan pemerintahan daerah kabupaten/kota, berkaitan dengan pelayanan dasar.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

KUNKER WALI KOTA BANJAR KE DESA MULYASARI

   Rabu, 17 Oktober 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Wali Kota Banjar Jenguk Korban Gempa Palu

   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjenguk korban bencana gempa Palu Sulawesi Tengah …