Home / Berita Banjar / Rancangan Pengesahan Peraturan Daerah

Rancangan Pengesahan Peraturan Daerah

Senin, 30 November 2020 berlangsung Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar yang mengesahkan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, mengatakan, tiga buah Raperda tersebut meliputi Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjar Tahun Anggaran 2021.
Kemudian, Raperda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, dan Raperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Serta, Raperda Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor. “Ada tiga Raperda yang kami tetapkan, dan sudah kami sepakati bersama pemerintah pada rapat Paripurna DPRD Kota Banjar ini,” kata Ketua DPRD Kota Banjar.
Dia menyebutkan bahwa besaran APBD Kota Banjar untuk tahun anggaran 2021 yang sudah disahkan dan disepakati mencapai Rp. 792.480.553.855,00. Rinciannya untuk pendataan daerah sebesar Rp. 757.849.934.472,00. Kemudian Belanja Daerah sebesar Rp. 792.480.553.855,00, sehingga terjadi defisit sebesar Rp. 34.630.619.383,00. “Kami harap nantinya realisasi anggaran ini bisa untuk urusan prioritas. Tentunya dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kota Banjar,” katanya.
Ketua DPRD menambahkan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka untuk anggaran tahun 2021 mendatang masih terkena refocusing untuk menangani wabah pandemi. Hanya saja untuk teknis realisasinya nanti melalui masing-masing OPD. “Kemungkinan anggaran yang terkena refocusing itu sekitar 50 persen dari jumlah total anggaran tahun depan. Semua itu untuk kebaikan kita semua dalam menghadapi wabah pandemi ini,” jelas Dadang.
Sementara itu, Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, terkait penetapan tiga buah raperda tersebut pihaknya memberikan apresiasi atas kinerja DPRD Kota Banjar. Selanjutnya terkait dengan terbentuknya Raperda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, pihaknya berharap Raperda tersebut dapat menjadi acuan bagi pihak perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial di lingkungan perusahaan.
Kemudian dengan terbentuknya Perda Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor, pihaknya juga berharap agar Raperda yang sudah ditetapkan itu dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah. Selain itu, melalui uji kendaraan bermotor tersebut dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat kesalahan teknis karena kurangnya kontrol pengawasan sarana dan prasarana kelengkapan kendaraan. “Semoga Raperda yang telah ditetapkan itu dapat meningkatkan pelayanan, kesejahteraan warga masyarakat dan kemajuan Kota Banjar,” harap Wali Kota Banjar.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan COVID-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021 …

Perkembangan COVID-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021 …