Home / Berita Banjar / Rakor Pra UMK

Rakor Pra UMK

Dalam rangka persiapan penetapan Upah Minimum Kota/Kabupaten atau UMK, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banjar melaksanakan Rakor Pra Penetapan UMK di Hotel Grand Mutiara Pangandaran, Jumat, 23 Oktober 2020.
Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana. Kadis Tenaga Kerja, Asep Tatang Iskandar mengatakan, bahwa kegiatan Pengupahan Tahun 2020 ini adalah program Dinas Tenaga Kerja, peserta yang ikut dalam acara ini ada dari Dewan Pengupahan Kota Banjar terdiri dari unsur pemerintah. Unsur badan pekerja/sekretariat Depeko Banjar, unsur Apindo dan unsur serikat pekerja/serikat buruh.
Dia mengatakan bahwa acara ini sebagai persiapan menghadapi penetapan UMK tahun 2021. UMK tahun 2021 sebentar lagi ditetapkan oleh Gubernur Jabar, yaitu tanggal 1 November 2020. “Selanjutnya, dari tanggal 2 sampai 21 November 2020 yang akan datang, kami ingin mengetahui formula mana yang akan di pakai dalam penetapan UMK”, ujarnya.
Dewan Pengupahan Provinsi Jabar telah berdiskusi mengenai UMK tahun 2021 dengan Kementerian Tenaga Kerja pada tanggal 14-16 Oktober lalu.
Kemudian, Provinsi Jabar pun akan memanggil kabupaten/kota pada tanggal 21-22 Oktober ini untuk menggelar info lokakarya pengupahan. “Jadi intinya, semua kabupaten kota masih menunggu regulasi tentang UMK tahun 2021. Baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota hanya bersifat memberikan rekomendasi UMK kepada gubernur. Sedangkan yang menetapkannya adalah gubernur. Karena upah tidak bisa diprediksi untuk formulanya”, terangnya.
Wakil Wali Kota mengatakan bahwa Dewan Pengupahan Kabupaten/Kota  mempunyai tugas diantaranya memberikan saran serta pertimbangan kepada pemerintah dalam rangka perumusan kebijakan pengupahan, dan pengembangan sistem pengupahan nasional, terutama kebijakan rekomendasi UMK.
Apalagi saat ini banyak terjadi pengangguran akibat perusahaan yang melakukan PHK karyawannya. Oleh sebab itu, UMK adalah safety net yang harus dipakai oleh pihak perusahaan. “Semoga Depeko Banjar bisa mengambil yang dianggap baik untuk bisa diterapkan di Kota Banjar. Sehingga, Depeko dan Disnaker Kota Banjar bisa bersinergi untuk menentukan arah kebijakan pengupahan di Kota Banjar”, pungkasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Wali Kota Resmikan Ruang Pelayanan Jantung Koroner di RSUD Kota Banjar

Senin, 23 November 2020, Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih meresmikan pelayanan terbaru jantung …