Home / Berita Banjar / Rakerda Dekopinda Kota Banjar

Rakerda Dekopinda Kota Banjar

  Jajaran pengurus dan anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Banjar, Kamis, 24 Januari 2019 menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019 Bertempat di RM Bu Joko Jl. Siliwangi Km 1 Kota Banjar. Selain diikuti oleh ratusan pengurus dan anggota Koperasi, perhelatan Rakerda Dekopinda Kota Banjar  tahun 2019 juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, Ketua Dekopinwil Jabar, H. Mustofa, Kadis KUKM dan Perdagangan, Saifudin dan Ketua Dekopinda Banjar, Kadijan.
  Ketua Dekopinda, Kadijan yang diwakili Sekretarisnya Mas Wawan melaporkan bahwa pelaksanaan Rakerda tahun ini lebih difokuskan pada upaya peningkatan peran dan fungsi Dekopinda dalam meningkatkan kiprah Koperasi dalam membangun ekonomi masyarakat dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) anggota koperasi agar dapat bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya, dengan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) pengurus dan anggota koperasi agar mampu bersaing dengan berbagai jenis lembaga ekonomi lain dan ini sangat penting dilakukan guna mempertahankan eksistensi koperasi sebagai satu satunya lembaga ekonomi yang berbasis kerakyatan dimana anggota merupakan aset utama.
  Wakil Wali Kota Banjar mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan Rakerda yang dihelat oleh jajaran Dekopinda Kota Banjar dalam upaya mengembangkan dan membesarkan lembaga koperasi sebagai satu satunya wadah ekonomi berbasis kerakyatan yang masih bertahan ditengah menjamurnya berbagai jenis usaha ritel modern. “Untuk bersaing dengan para pelaku usaha ritel modern tentu dibutuhkan kualitas SDM yang mumpuni dari pengurus dan anggota koperasi, untuk itu kami sangat mengapresiasi upaya Dekopinda Kota Banjar dalam meningkatkan kualitas koperasi dan SDM para pengurus dan anggota koperasi, ” paparnya. “Gotong royong itu budaya bangsa Indonesia. Diharapkan keberadaan koperasi di Kota Banjar mampu mendongkrak perekonomian dan meningkatkan daya beli masyarakat,” ujarnya.
  Ketua Dekopinwil Jabar mengatakan saat ini Dekopinda telah memasuki fase aktualisasi dan pengembangan dimana aktivitas atau kegiatannya diarahkan guna memberikan kemanfaatan yang banyak kepada organisasi koperasi anggota Dekopinda, pemerintah daerah, UMKM dan juga stake holders lainnya. “keberadaannya, memiliki kedekatan kepada anggota, masyarakatnya dan lebih jauh lagi dapat menyebarkan kemanfaatan yang seluas-luasnya. Alhamdulillah, ditengah keterbatasan yang ada khususnya pendanaan bahwa dana adalah resource penting dalam setiap organisasi apapun,” ujarnya.
  Menurutnya, Dekopinda harus mampu mewujudkan idealismenya sebagai organisasi yang ada, dekat dan bermanfaat. “Kami sadar bahwa program yang telah kami kerjakan belum mampu memuaskan. Namun demikian, kami tetap bersyukur, tim yang ada baik dari jajaran pimpinan dan kepengurusan juga para anggota mampu secara partisipatif mewujudkannya dengan resource yang ada,” tuturnya.  “Saat ini tidak sedikit, koperasi yang mati”.
   Momentum ini, hendaknya dimanfaatkan oleh para pengurus Dekopinda untuk memajukan perkoperasian di Kota Banjar, termasuk, melakukan evaluasi-evaluasi, program tahun lalu, untuk dijadikan pelajaran pelaksanaan program yang akan datang. Sehingga perkoperasian semakin maju dan berkembang. “Melalui Rakerda ini, diharapkan mampu menyusun rencana kerja yang terarah dan terencana. Tepat waktu, tepat saran, manfaat, dan tepat yang lainnya” katanya.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Panen Hadiah Simpedes BRI

Selasa, 09 April 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, menghadiri …

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang …