Home / Berita Banjar / PSBB Kota Banjar Berlanjut

PSBB Kota Banjar Berlanjut

PSBB Kota Banjar berlanjut. Hal itu diputuskan usai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran Forkopimda Kota Banjar terkait evaluasi pelaksanaan masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di Kota Banjar, Senin 18 Mei 2020.
Pada forum tersebut Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih bersama jajaran Forkopimda bersepakat Pemerintah Kota Banjar akan melanjutkan PSBB tahap kedua sebagai upaya percepatan dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.
“PSBB akan dilanjut hingga 14 hari ke depan. Hari ini juga usulannya akan disampaikan ke Kementerian Kesehatan melalui Pak Gubernur,” kata Wali Kota. Nantinya, kata beliau  pada pelaksanaan PSBB tahap kedua ini, semua aturan akan lebih diperketat baik berkenaan lalu lintas kerumunan orang, lalu lintas kendaraan maupun operasional pusat perbelanjaan non sembako.  Ditambahkan beliau terkait nanti ada penutupan pusat perbelanjaan karena ada temuan hasil rapid test reaktif hal itu bukan semata menjadi dasar adanya penutupan, tapi karena tidak bisa mengendalikan kerumunan orang. “Kalau masih ada yang melanggar akan langsung kita tutup. Untuk sanksi dan kelengkapan yang lain sedang dipersiapkan besok juga akan dirapatkan lagi,” tegasnya.
Sementara itu, terkait dasar kebijakan diputuskannya pembatasan sosial bersekala besar atau PSBB tahap kedua, Ketua Pelaksana Pusdalops Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar, Ade Setiana menambahkan, hal itu mengingat Kota Banjar saat ini berada pada zona kuning atau kategori level 3 (cukup berat). Kategori level 3 itu diindikasikan dengan angka kematian pasien dalam pengawasan (PDP) yang cukup tinggi, kemudian angka penyembuhan pasien yang relatif lama karena adanya penyakit penyerta. Selain itu, hampir semua wilayah Desa/Kelurahan yang ada di Kota Banjar rata-rata terpapar atau ditemukan kasus Covid-19 baik itu terkonfirmasi positif, terdapat pasien dalam pengawasan (PDP) ataupun orang dalam pemantauan (ODP). “Untuk antisipasi adanya lonjakan kasus penyebaran virus Covid-19 terlebih menghadapi mudik lebaran maka perlu dilakukan PSBB tahap kedua,” ujarnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota …

Wali Kota Ajak Warga Amalkan Nilai Pancasila & Berlomba dalam Kebaikan

Di moment Hari Lahir Pancasila yang jatuh tanggal 1 Juni, Wali Kota Banjar, Hj. Ade …