Home / Berita Banjar / Polres Banjar Launching ‘Citanduy’ Guna Cegah Kenakalan Remaja

Polres Banjar Launching ‘Citanduy’ Guna Cegah Kenakalan Remaja

Guna mencegah kenakalan remaja dan menangkal masuknya paham radikalisme ke pelajar, Polresta Banjar berinovasi meluncurkan Program Citanduy yakni ‘Cinta NKRI, Anti Narkoba, dan Disiplin Lalu Lintas, UuuYyy!!. Acara ini berlangsung, Jum’at 04 Oktober 2019 di halaman Mako Polres Banjar.
  Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Banjar, Wali Kota Banjar, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Jajaran Polresta Banjar, para Kepala OPD, BNN Ciamis Banjar, para Kepala Sekolah, tokoh masyarakat, agama dan pemuda, serta para pelajar SMA/SMK/MA sederajat, dan tamu undangan lainnya.
  Pihak Kepolisian bekerjasama dengan sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, BNN dan Pemerintah Kota Banjar. Program ini berbentuk edukasi dengan mendatangi sekolah-sekolah di Kota Banjar memberikan pencerahan, bedah buku dan tentang lalu lintas kepada para pelajar. “Sebelumnya kita melakukan kondisioning melalui Program Citanduy ini, sekarang setelah dilaunching kita melakukan penguatan. Edukasi dengan aksi nyata. Bicara tentang bahaya narkoba,” ujar Kapolres Banjar AKBP.Yulian Perdana.
   Kapolres menjelaskan bahwa lahirnya Program Citanduy ini melihat situasi dan kondisi saat ini dimana Pancasila terus diuji. Banyak paham yang menyerang tidak sesuai dengan spiritualitas dan fitrah orang Indonesia. Seperti paham radikal, khilafah dan separatisme. Jadi kami ingin mengingatkan kembali generasi muda, supaya tidak buta sejarah. Pancasila bukan hanya Dasar Negara saja, tapi cara hidup kita,  Program Citanduy ini perlu dilakukan untuk menangkal paham tersebut masuk kepada para pelajar, karena kaum milenial saat ini sangat gampang terprovokasi dan termakan hoaks.
  Melalui Program Citanduy ini mudah-mudahan dapat mencegah pelajar terpapar bahaya narkoba, untuk itu Kepolisan bekerjasama dengan BNN Kabupaten Ciamis-Banjar. Juga menyadarkan pelajar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Karena saat ini angka kecelakaan didominasi oleh usia produktif salah satunya pelajar. “Mulai dari Banjar, kita tingkatkan disiplin berlalu lintas. Bukan hanya takut polisi atau patuh lalu lintas, tapi lebih berpikir tentang keselamatan bagi sendiri dan orang lain,” ujarnya.
  Target dari Program Citanduy ini adalah untuk menimbulkan kesadaran dari para pelajar akan cinta NKRI, menjauhi narkoba dan tertib dalam berlalu lintas dengan mementingkan keselamatan.
  Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menyambut baik Program Citanduy yang diluncurkan oleh  Polres Banjar, program tersebut dianggap perlu untuk memproteksi dan mendukung para pelajar dalam mewujudkan cita-citanya. “Program ini bisa menjadi salah satu faktor pengantar keberhasilan para siswa di Banjar dalam meraih cita-cita, ini juga sejalan dengan program Pemkot Banjar yakni program magrib mengaji dan kampung tadarus serta program ustad masuk sekolah,” jelasnya.                                                                       
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Tekan Angka Pengangguran dan Kesenjangan, Disnaker Kota Banjar Gelar Job Fair

Dalam upaya mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kota Banjar dalam hal ini melalui Dinas Tenaga Kerja Kota …

PENGHARGAAN WTP DAN KINERJA TERBAIK DARI GUBERNUR JAWA BARAT

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Penyerahan …