Home / Berita Banjar / Plt. Wali Kota Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Plt. Wali Kota Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

   Plt. Wali Kota Banjar, H. Darmadji Prawirasetia memimpin langsung Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Banjar Tahun 2018, yang berlangsung di Halaman Kantor Wali Kota Banjar, Senin  04 Juni 2018. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0613, Sekretaris Daerah, Dansubdenpom, para Kepala OPD, Pelajar , Mahasiswa, para Pegawai Lingkup Pemkot Banjar, Ormas, LSM, TNI serta POLRI.
   Pada Acara kali ini Plt. Wali Kota membacakan Sambutan Presiden RI, beliau mengatakan bahwa   Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini merupakan yang ke-2 kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, mengahayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar untuk bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
   Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 yaitu, “ Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi,  Berprestasi”, seiring dengan tema tersebut diharapkan dapat menunjukkan cara-cara khas dalam peri kehidupan sehari-hari anak-anak bangsa serta perlu ditandai dengan semangat gotong royong, dalam penyelanggaraannya. dengan gotong royong perayaan ini menjadi milik bersama juga dimaksudkan untuk menampilkan prestasi-prestasi yang muncul karena didukung oleh semangat kebersamaan dan saling menunjang. dengan demikian masyarakat dapat melihat bahwa pancasila telah menjadi inspirasi untuk berprestasi.
   Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. kita bisa hidup rukun dan bergotong royong.
   Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila. bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan, pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila, tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional. Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita. mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila, kita Indonesia, kita Pancasila, semua anda Indonesia, semua anda Pancasila, saya Indonesia, saya Pancasila.
   Beliau menambahkan bahwa Kota Banjar telah menerima penghargaan Treasury Award pada  Jumat, 18 Mei 2018, Penghargaan ini diberikan kepada intansi penerima Dana APBN sebagai wujud apresiasi dalam pengelolaan APBN secara baik, Kota Banjar berada pada peringkat kedua kategori Partisipasi, Penyampaian dan Kelengkapan Data LKPD Tahun 2017 Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jabar, setelah Kabupaten Sukabumi di peringkat pertama dan peringkat ketiga diduduki oleh Kota Bogor.
   Kemudian, Senin 28 Mei 2018 Kota Banjar kembali bisa mempertahankan hasil tertinggi yaitu mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2017 dan ini merupakan WTP yang ke-delapan kalinya secara berturut-turut, walaupun dengan menggunakan sistem pengelolaan keuangan yang baru yaitu akrual basic di tiga tahun terakhir ini, namun hal ini tidak menjadi kendala tetapi sebaliknya malah menjadi anugerah sekaligus yang sangat besar untuk lebih meningkatkan kinerja.
   Akhirnya beliau ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H mohon maaf lahir dan bathin.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Kunjungan Kerja Wali Kota Banjar ke Kujangsari

   Selasa, 07 Agustus 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

 Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar melaksanakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, …