Home / Berita Banjar / PERTEMUAN WALI KOTA DENGAN WARGA PEDULI AIDS

PERTEMUAN WALI KOTA DENGAN WARGA PEDULI AIDS

Pemerintah Kota Banjar mencanangkan program pemeriksaan HIV/ AIDS bagi calon pengantin. Hal tersebut merupakan upaya pencegahan penyebaran penyakit mematikan tersebut.
 Wali Kota Banjar, Hj Ade Uu Sukaesih mengaku prihatin terhadap meningkatnya penderita HIV/AIDS di Kota Banjar, yang kini mencapai 283 orang. “Ini (pemeriksaan sebelum menikah) salah satu upaya pencegahan, apalagi bagi calon pengantin, harus dilakukan pemeriksaan dulu,” ujar Wali Kota saat melakukan pertemuan dengan Warga Peduli AIDS di Rumah Makan Citra,  Jum’at, 23 Agustus 2019. Menurut beliau hasil pemeriksaan terhadap calon pengantin itu nantinya akan dirahasiakan, dijamin tidak ada yang tahu kecuali yang bersangkutan.
   Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar H Herman Umar mengakui pemeriksaan HIV/AIDS perlu dilakukan bagi calon pengantin, di samping pemeriksaan kesehatan lainnya. “HIV sekarang sudah masuk dalam gelombang lima, yakni di lingkungan keluarga. Pasti ada konsekuensi yang harus diterima, tapi ini untuk pencegahan supaya tidak menularkan ke istri dan anaknya nanti,” ujarnya.
  Perwakilan Kemenag Kota Banjar, A Mubarin mengatakan memutus penyebaran penyakit HIV/AIDS merupakan pekerjaan rumah bersama. “Sebenarnya dari dulu juga ada pemeriksaan kesehatan, tapi demi pencegahan harus didukung oleh semua elemen masyarakat,” katanya.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …