Home / Berita Banjar / Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72

Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72

  Kamis, 08 Agustus 2019 di Lapang Bhakti Taman Kota Banjar berlangsung acara peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Kota Banjar tahun 2019. Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Banjar, Kapolres, Ketua DPRD sementara, Kajari, yang mewakili Danyon 323 Raider, Kalapas, Pabung Kodim 0613, para Kepala OPD dan perwakilan dari Dekopinda Provinsi Jabar, serta tamu undangan lainnya.
 Ketua Dekopinda Kota Banjar, Kadijan mengatakan bahwa Koperasi Kota Banjar harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal yang didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian.
Wali Kota Banjar  menuturkan bahwa tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset  dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini.
  Beliau menambahkan bahwa “reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang beberapa tahun terakhir ini, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce,  aplikasi retail on-line dan pengembangan alpikasi-aplikasi bisnis lainnya. Dengan demikian gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga jumlah penduduk, “tegasnya.
  Kepala Dinas KUKMP  melalui Sekdis, H. Basir, M.Pd, mengatakan bahwa pihaknya setiap tahun terus melakukan revitalisasi terhadap koperasi yang ada di Kota Banjar, hal tersebut dilakukan agar keberadaan koperasi bisa menjadi andalan perekonomian di tengah masyarakat dan bisa mensejahterakan anggotanya yang notabene adalah masayarakat Kota Banjar.
  “Tahun 2019 ini kita optimis jumlah koperasi yang sehat akan semakin bertambah begitupun pencatatan terhadap SHU koperasi akan semakin meningkat,” katanya.
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …