Home / Berita Banjar / PERINGATAN HARDIKNAS & HARI OTDA KE-XXII TINGKAT KOTA TAHUN 2018

PERINGATAN HARDIKNAS & HARI OTDA KE-XXII TINGKAT KOTA TAHUN 2018

 Plt. Wali Kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah ke-XXII Tingkat Kota Banjar Tahun 2018, bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, Rabu, 02 Mei 2018. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang Kalyubi, M.Si, Sekda Kota Banjar, H. Ade Setiana, para Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala OPD dan para stafnya dari berbagai OPD, para Siswa SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, semua Unsur Pendidikan dan Tenaga Kependidikan se-Kota Banjar, serta LSM dan Ormas.
   Beliau menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” ini bermakna agar Hari Pendidikan tahun ini dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara, Hardiknas kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan, dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan.
  H. Darmadji Prawirasetia menerangkan bahwa dalam pendidikan juga harus disiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan. Meskipun demikian, pihaknya juga mengakui bahwa belum semua wilayah tersentuh pembangunan insfrastruktur yang bisa menjadi sabuk pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan, beliau mengajak semua pihak bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan.
   Beliau menambahkan bahwa pagi hari ini juga kita memperingati Hari Otonomi Daerah ke-22 tingkat Kota Banjar. Perjalanan Otonomi Daerah  kita  saat  ini yang  sudah  begitu  banyak menyemai   manfaat  dan kebaikan bagi seluruh rakyat, tema peringatan Hari Otonomi Daerah  ke-22 adalah “mewujudkan nawa cita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis”, penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis artinya bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparasi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat.
   Berkaitan dengan Hari Otonomi Daerah, Pemerintah Kota Banjar pada tanggal 25 April kemarin meraih Penghargaan Prestasi Kinerja dengan Status Sangat Tinggi Bintang Dua (**) berada dalam urutan ke-19 dari semua Kota di Indonesia dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2016 dari Kementerian Dalam Negeri. Beliau berterimakasih kepada semua OPD dan seluruh elemen masyarakat Kota Banjar yang sudah ikut berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan di Kota Banjar, terakhir beliau ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah ke-22 semoga apa yang telah kita upayakan untuk pembangunan bidang pendidikan dan pemerintahan diKota Banjar mendapat ridho dari Alloh Subhanahu wata’ala.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

OPERASI PASAR MURAH KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT

   Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjar menggelar Acara Operasi Pasar Murah …

Tambah Libur, ASN Bakal Disanksi

   Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar Supratman mengimbau seluruh pegawai …