Peresmian Kampung Tohaga di Desa Kujangsari dan Cibeureum Kota Banjar

Selasa, 7 Juli 2020, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si,bersama Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K.,M.H. meresmikan dua Kampung Tohaga di Kota Banjar yakni di Desa Kujangsari Kec. Langensari Kota Banjar dan Desa Cibeureum Kec. Banjar Kota Banjar. Peresmian ini dilakukan secara simbolis dengan menggunting pita menandai peresmian Lembur Tohaga Lodaya/Kampung Tangguh di dua desa tersebut.
Kepala Desa Kujangsari Mujahid S.Ag mengatakan pihak Pemdes Kujangsari akan berupaya secara maksimal dengan ditunjuknya sebagai Kampung Tangguh Lodaya, ada dua lokasi sebagai acuan kampung tangguh. “Dua jenis yang kami jadikan acuan untuk mendukung ketahanan pangan, yakni budidaya ikan dengan teknik bioflok di Ponpes Miftahurrohman dan KWT Mekar Jaya menanam benih alpukat, berharap mempunyai identitas dengan alpukat yang ditanamnya kelak”, ujarnya.
Sementara, Kades Cibeureum, Yayan Sukirlan mengucapkan terima kasih karena desanya terpilih menjadi kampung tangguh. Mungkin nanti bukan saja di kami, akan muncul kampung kampung tangguh lainya di Kota Banjar.
Wali Kota Banjar  mengatakan ada beberapa sektor yang terkena dampak dari pandemi Covid-19, “untuk itu di harapkan dengan adanya kampung tangguh kita tangguh menghadapi keadaan ini”, ujarnya.
Kampung Tangguh Lodaya merupakan program yang diinisiasi oleh Polres Banjar yang mana membentuk masyarakat supaya bisa menghidupkan budaya gotong royong serta bisa mandiri dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang sangat berdampak besar pada ketahanan pangan masyarakat khususnya di Kota Banjar.
Kapolres mengatakan bahwa pihak Polri dibantu TNI dan Pemkot serta instansi terkait, senantiasa mengajak warga masyarakat agar bersama-sama menjaga ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, ketahanan jasmani dan rohani, walaupun dalam masa pandemi kita harus tetap produktif, jelasnya.
Kegiatan dilanjutkan peninjauan langsung ke Ponpes Miftahurrohman Desa Kujangsari yang mengelola budidaya ikan dengan teknik bioflok. Selanjutnya, penanaman benih alpukat bersama KWT Mekar Rahayu Desa Kujangsari oleh  Wali Kota Banjar dan Kapolres Banjar, sementara di Desa Cibeureum mengunjungi KWT Teratai dan ke pengrajin mebel kayu jati, serta pos kamling tangguh 24 Jam.
Pada kesempatan ini, Wali Kota Banjar dan Kapolres Banjar juga memberikan bantuan bibit kepada KWT Mekar Rahayu Kujangsari dan KWT Tteratai di Desa Cibeureum.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Banjar, drh. Aswin,  Kapolsek Langensari dan Banjar, Danramil Langensari dan Banjar, Camat Langensari dan Banjar, Kades Kujangsari dan Cibeureum, Karang Taruna Kujangsari dan Cibeureum, serta ibu-ibu PKK ke dua desa.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …