Penghargaan Atas Prestasi Pencapaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 Bagi Kota Banjar

Pemerintah Kota Banjar mendapat penghargaan dari BPKP  atas prestasi pencapaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3. Penghargaan diserahkan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia, Ak. MBA, CA, CGAP, QIA, CFrA, Asean CPA diterima langsung oleh Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, Jumat 6 Desember 2019 bertempat di Aula BPKP Jl. Cibeureum No. 50 Bandung.
Dalam sambutannya Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah menyatakan bahwa penghargaan ini sebagai apreasiasi kepada kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dengan baik, selamat kepada kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan ini, semoga bisa menjadi motivasi bagi bagi daerah untuk lebih meningkatkan kinerjanya.
Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
Skor maturitas penyelenggaraan SPIP sebesar 3,023 atau level “Terdefinisi”. Secara umum dengan berada pada level “terdefinisi” mencerminkan bahwa Pemerintah Kota Banjar telah melaksanakan praktek pengendalian intern.
Penilaian tingkat maturitas penyenggaraan SPIP meliputi unsur diantaranya lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. Penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kota Banjar Tahun 2017 dilakukan secara uji petik pada 12 Organisasi Perangkat Daerah yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan; Badan Perencanaan Pembangunan Daerah; Sekretariat Daerah; Dinas Kesehatan; Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman; Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah; Inspektorat Daerah; Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah; Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Dinas Komunikasi dan Informatika; Dinas Lingkungan Hidup.
Semoga dengan diraihnya penghargaan SPIP di level 3 ini, tujuan SPIP bisa tercapai oleh Pemerintah Kota Banjar.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …