Home / Berita Banjar / Penanaman Pohon Di Lapas Banjar

Penanaman Pohon Di Lapas Banjar

Untuk mendukung program ketahanan pangan dan  ekonomi dimasa pandemi, Selasa, 7 Juli 2020, Wali Kota Banjar,  Hj. Ade Uu Sukaesih dan Kalapas Kelas IIB Kota Banjar, Bawono Ika Sutomo bersama Kapolres Banjar, Polda Jabar, AKBP Melda Yanny, SIK, MH serta unsur Forkopimda Kota Banjar lainnya melaksanakan penanaman secara serentak 1000 bibit pohon bersama di Lapas Kelas IIB Kota Banjar.
Kegiatan ini mengambil tema Penanaman Pohon di Lahan Agroforestry Lapas Kelas IIB Banjar, Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan di Kota Banjar.
Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., Ketua Pengadilan Negeri Banjar Kusman, S.H.,M.H., Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Yoyo Suharyono, Perwakilan Perhutani, Pabung Banjar Kodim 0613 Ciamis, Mayor Czi. Budi Arianto, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Banjar, serta TNI & Polri.
Kapolres Banjar,  AKBP Melda Yanny, SIK, MH mengatakan apresiasi yang luar biasa dan terima kasih kepada Kepala Lapas Kelas IIB Banjar yang sudah menyelenggarakan kegiatan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) dalam mendukung Ketahanan Pangan di Kota Banjar.
Kapolres menambakan bahwa sesuai dengan program prioritas Presiden Republik Indonesia, bagaimana menciptakan negara itu tangguh dari segi ketahanan pangan, jasmani dan rohani, dan tangguh dalam segala bidang juga dalam penanganan Covid-19, warga masyarakat harus tangguh. “Alhamdulillah hari ini dapat diwujudkan dengan ketangguhan kita sinergitas forkopimda dalam mengatasi permasalahan bersama,” jelas Kapolres.
Wali Kota Banjar DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si  mengatakan bahwa kegiatan GTPP tersebut sesuai dengan motto Kota Banjar yaitu makin Berseri, Bersih Pemerintahannya, Sejahtera Masyarakatnya, dan Asri Lingkungannya. “Asri Lingkungannya dengan GTTP, bukannya tanam saja, tapi pemeliharaannya juga harus dilakukan, kegiatan ini luar biasa, atas inisiasi Kapolres Banjar dan diselenggarakan oleh Lapas Kelas IIB Banjar, sehingga acara ini terlaksana dengan baik dan luar biasa,” ujar beliau.
Sementara Kalapas Kelas IIB Banjar, Bawono Ika Sutomo mengatatakan bahwa sebetulnya kegiatan ini, atas inisiasi dan gagasan Kapolres Banjar, untuk mendukung program ketahanan pangan maupun ketahanan ekonomi dalam masa pandemi, dengan menanan pohon bibit buah-buahan maupun bibit pohon keras. “Ada 1000 pohon yang kita tanam. Kedepan sudah kita siapkan 2500 pohon dari Dinas Kehutanan dan termasuk juga balitbang forestik yang nanti juga lebih lanjut bekerjasama mengelola lahan tersebut,” jelasnya.
Kalapas menambakan untuk penanaman jenis pohon macam-macam, ada buah-buahan, albasia, dan lain-lainya. Dan kebetulan para stakeholder sangat antusias melihat kita dengan lahan yang juga masih perlu tanaman keras.
Acara dilanjutkan dengan menanam pohon di lahan yang sudah disiapkan secara serempak. Selain Wali Kota, Kalapas dan Kapolres, hadir pula dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Polres Banjar dan Anggota, Kapolsek Pataruman, Danramil 1325 Langensari, Camat dan Lurah Pataruman, rekan Pers dan tamu undangan lainnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …