Home / Berita Banjar / PEMKOT BANJAR RAIH SAKIP AWARD 2018

PEMKOT BANJAR RAIH SAKIP AWARD 2018

   Pemerintah Kota Banjar meraih nilai “B” untuk Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dari Kemenpan RB, dimana terjadi kenaikan nilai SAKIP dari 60.11 tahun 2017 menjadi 63.08 ditahun 2018.
  Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menerima secara langsung “Sakip Award 2018” dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah Kabupaten/ Kota Regional Wilayah I Tahun 2019 di The Trans Luxury Hotel, Jln. Gatot Subroto Kota Bandung, Senin, 28 Januari 2019.
  Wali Kota Banjar menuturkan bahwa prestasi ini merupakan hasil jerih payah semua OPD  dilingkungan Pemerintah Kota Banjar dalam menciptakan birokrasi pemerintahan yang baik serta penerapan sistem akuntabilitas kinerja intansi pemerintah yang efektif, efesien dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
   Hasil ini juga menambah deretan prestasi atas capaian kinerja seluruh OPD serta awal yang baik untuk bekerja dan mendedikasikan diri bagi kemajuan daerah, dan beliau bertekad akan terus mempertahankan dan meningkatkan predikat atas pencapaian tersebut.
  Menpan-RB menjelaskan bahwa rapor SAKIP yang diberikan Kemenpan-RB bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan namun juga menunjukan bagaimana kemampuan intansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran serta dapat dipertanggung jawabkan demi memberikan pelayanan yang prima dan kemanfaatan bagi masyarakat.
   SAKIP secara implisit dimandatkan melalui Undang-undang Nomor 47 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan secara eksplisit dilaksanakan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Intansi Pemerintah, sistem itu lebih dikuatkan lagi melalui Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP.
  Melalui SAKIP paradigma kinerja pemerintahan diubah bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan tetapi melakukan cara yang paling efektif dan efesien untuk mencapai sasaran itu,” katanya. Selain itu SAKIP juga memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program / kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan, juga memastikan penghematan anggaran melalui dihapusnya kegiatan yang tidak penting, yang tidak mendukung kinerja intansi pemerintah, “ ujarnya.
 
Sumber        : Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Panen Hadiah Simpedes BRI

Selasa, 09 April 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, menghadiri …

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang …