Home / Berita Banjar / Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Sosial JPE Bagi Pelaku UMKM

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Sosial JPE Bagi Pelaku UMKM

Pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjar. Banyak sektor ekonomi yang terganggu dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sub sektor yang harus mendapat perhatian khusus karena punya peran sentral dalam menopang perekonomian daerah. Oleh karena itu Pemerintah Kota Banjar melakukan upaya untuk menyelamatkan para pelaku UMKM di Kota Banjar dengan menyalurkan bantuan sosial Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) yang diluncurkan oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih yang bertempat di Kantor Pos Indonesia Kota Banjar, Sabtu 7 Agustus 2021.
Penyaluran Jaring Pengaman Ekonomi (JPE)  UMKM ini bertujuan untuk meminimalisir resiko sosial yang terjadi pada pelaku UMKM di Kota Banjar dan memastikan mereka untuk bisa bertahan dan mengembangkan usahanya pada situasi pandemi Covid-19. Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, Edi Herdianto menjelaskan bahwa jumlah penerima bantuan sosial di Kota Banjar sebanyak 930 orang pelaku UMKM yang terdampak Covid-19, dengan jumlah bantuan modal usaha sebesar 1 juta per UMKM. Penyaluran bantuan modal usaha ini diharapkan akan selesai dalam 5 hari kedepan mulai tanggal 7 Agustus sampai dengan 11 Agustus 2021. Pelaksanaan penyaluran bantuan sosial ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kantor Pos Banjar dan Kantor Pos Langensari.
Wali Kota Banjar dalam arahannya menuturkan bahwa Pemerintah Kota Banjar mengalokasikan anggaran sebesar 930 juta rupiah yang bersumber dari APBD Kota Banjar Tahun 2021 untuk program bantuan sosial Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) sebagai modal usaha bagi pelaku UMKM yang terdampak  Covid-19. Beliau berharap bantuan tersebut dapat diterima oleh yang berhak dan digunakan sesuai peruntukannya, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi para pelaku UMKM di Kota Banjar dalam menjalankan dan mengembangkan kegiatan usaha pada saat pandemi Covid-19 ini. Hadir dalam kesempatan tersebut selain Wali Kota Banjar, ada juga Kapolres Banjar, perwakilan Kajari, perwakilan Kodim 0613, serta Kepala OPD.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2021 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2021 …