Home / Berita Banjar / Pemerintah Kota Banjar Distribusikan Bantuan Pangan Non Tunai

Pemerintah Kota Banjar Distribusikan Bantuan Pangan Non Tunai

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program Pemerintah Pusat berupa bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan dari pedagang, bahan pangan di e-warung yang bekerjasama dengan Bank dan Bulog.
Dikatakan Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, bahwa Kota Banjar mendistribusikan bantuan pangan non tunai kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat secara bertahap untuk menghindari kerumunan warga di lokasi pendistribusian. Seluruh Keluarga Penerima Manfaat setiap bulannya akan menerima bantuan senilai Rp.200.000,- berupa bahan pangan. Beliau menyerahkan secara simbolis untuk wilayah Kecamatan Purwaharja yang bertempat di dua lokasi yaitu di Desa Mekarharja dan di Kelurahan  Karangpanimbal.
Untuk wilayah Kecamatan Purwaharja sebanyak 589 Keluarga Penerima Manfaat akan mendapat paket bantuan senilai Rp. 200.000,- yang terdiri dari beras 10 kg, daging 0,5 kg, telur 1 kg, sayur 1 kg, buah 1 kg, kacang tanah 0,25 kg, kacang hijau 0,25 kg dan tempe. Program ini sangat efektif dan membantu masyarakat di tengah pandemi seperti sekarang ini, karena ini adalah program bantuan yang diserahkan secara non tunai. Sebelum ini bantuan itu dipergunakan secara tunai oleh masing-masing penerima.
Wali Kota menyerahkan secara simbolis paket bantuan setelah sebelumnya meninjau secara langsung transaksi dari penerima bantuan pangan non tunai di e-warung. “Manfaat program bantuan pangan non tunai adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Meningkatnya transaksi non tunai dalam agenda gerakan nasional non tunai,” pungkas Wali Kota. Hadir dalam kesempatan tersebut Kadinsos PP PA, Hj. Suryamah, Camat Purwaharja, H. Zenal, serta perwakilan dari Bank BNI dan Bulog.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2021 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2021 …