Home / Berita Banjar / Pembinaan Kelompok Tribina BKB, BKR, BKL Se-Kota Banjar Tahun 2018

Pembinaan Kelompok Tribina BKB, BKR, BKL Se-Kota Banjar Tahun 2018

  Di Aula Setda Kota Banjar, Jum’at, 13 Juli 2018 berlangsung  Kegiatan Pembinaan Kelompok Tribina BKB, BKR, BKL Se-Kota Banjar Tahun 2018.  Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Banjar, Kadis DPPKB, para Kepala UPT- DPPKB Kota Banjar dan seluruh peserta pembinaan kelompok tribina.
   Dalam sambutannya Kadis DPPKB menjelaskan  bahwa pembangunan kependudukan dan keluarga berencana bertujuan untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, ketahanan dan kesejahteraan keluarga adalah kondisi keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan  fisik materil guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan kebahgiaan lahir dan batin.
   Pembinaan terhadap balita dan anak dilaksanakan melalui pengembangan Kelompok Bina Keluarga Balita dan Anak (BKB) yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada keluarga yang memiliki balita dan anak tentang tumbuh kembang dan pengasuhannya.
   Pembinaan terhadap remaja dilakukan melalui Program Generasi Berencana (Genre). Program ini yang dilaksanakan melalui dua pendekatan, yakni pendekatan kepada remajanya langsung melalui pusat informasi dan konseling remaja/ mahasiswa (PIK R/M) serta pendekatan kepada keluarga yang memiliki remaja melalui kelompok bina keluarga remaja (BKR).  Pada prinsipnya program genre bertujuan untuk mempromosikan pendewasaan usia perkawinan (PUP) sebagai bagian penting dalam upaya penurunan TFR (Totul Fertility rate) yang pada gilirannya akan berujung  pada terciptanya keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.
   BKL adalah kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan, dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL), untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.
   Wali Kota Banjar mengatakan bahwa seluruh upaya yang dilakukan dalam pembangunan ketahanan dan kesejahteraan keluarga pada akhirnya adalah untuk mewujudkan keluarga –keluarga di Indonesia menjadi keluarga kecil bahagia sejahtera. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh peserta yang merupakan  kader penggerak di lini lapangan. Kader Tribina diharapkan dapat berkiprah sesuai dengan tujuan bidang masing-masing dan mendapat dukungan seluruh komponen baik masyarakat, maupun pemerintah. Melalui pembinaan tribina ini para kader dapat saling berkoordinasi  tentang peningkatan pengetahuan  wawasan dan perencanaan kegiatan positif bagi para kader di Desa / Kelurahan. Mudah- mudahan pembinaan kelompok tribina BKB, BKR, BKL tingkat Kota Banjar tahun 2018 bisa berjalan lancar, kondusif dan mendapatkan hasil yang diharapkan, amin.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

KUNKER WALI KOTA BANJAR KE DESA MULYASARI

   Rabu, 17 Oktober 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Wali Kota Banjar Jenguk Korban Gempa Palu

   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjenguk korban bencana gempa Palu Sulawesi Tengah …