Home / Berita Banjar / Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak

  Mengantisipasi penyakit menular Demam Dengue (DB) dan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk aedes aegypti yang terkontaminasi oleh virus dengue semakin menyebar, Pemkot Banjar yang dimotori Dinas Kesehatan Kota Banjar menggelar Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak, sampai pelosok perkampungan di Kota Banjar, yaitu pada Rabu, 6 Maret 2019. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar pun langsung terjun kelapangan.
  “Banjar diharuskan terhindar dari DBD, melalui 3 M. Untuk pemberantasan sarang nyamuk diharuskan serentak, bersama-sama di Kota Banjar,” ujar Hj.Ade Uu Sukaesih, disela-sela acara PSN di Kota Banjar.
  Gerakan PSN ini digelar serentak, mulai tingkat kota, tingkat kecamatan, tingkat desa/keluarahan sampai tingkat RT. Terpenting itu, masyarakat diharuskan membiasakan diri Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
  Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, H. Herman mengatakan bahwa gerakan PSN serentak ini, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran nyambuk aedes aegypti, supaya tidak terbang dari satu tempat ke tempat lain. “Penderita DBD saat ini bukan balita saja, tapi ada juga yang berusia produktif,” ujarnya.
  Menurutnya hasil pendataan Dinas Kesehatan Kota Banjar selama dua bulan, Januari sampai Pebruari 2019, terdata penderita DBD sebanyak 36 orang dan DB berjumlah 93 orang. Diantara gejala DBD itu, demam tinggi mendadak, nyeri otot, sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata, mual dan muntah, serta merasa kelelahan. “Kalau merasakan gejala seperti itu, sebaiknya segera diperiksakan kesehatan ke dokter atau puskesmas terdekat,” ujarnya.
Sumber        : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Panen Hadiah Simpedes BRI

Selasa, 09 April 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, menghadiri …

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang …