Home / Berita Banjar / Peluncuran Gerakan Cinta Zakat Kota Banjar

Peluncuran Gerakan Cinta Zakat Kota Banjar

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih meluncurkan Gerakan Cinta Zakat Kota Banjar dan secara simbolis menyerahkan bantuan jaringan pengaman sosial terdampak Covid-19 dari Baznas Provinsi Jawa Barat melalui Baznas Kota Banjar, Kamis 6 Mei 2021 bertempat di Pendopo Kota Banjar.
Tahun ini Baznas Kota Banjar mendapatkan bantuan dari Baznas Provinsi Jawa Barat dengan total bantuan senilai Rp. 236.950.000,-. Bantuan tersebut diberikan lewat 4 bidang dengan rincian sebagai berikut: bidang ekonomi senilai Rp. 60.000.000,- untuk bantuan usaha kecil dan bantuan buruh harian, bidang keagamaan senilai Rp. 102.950.000,- untuk bantuan tunai santri kurang mampu di pesantren, bantuan tunai untuk guru ngaji dan ustad, serta bantuan tunai untuk marbot masjid, bidang pendidikan senilai Rp. 58.000.000,- untuk bantuan tunai untuk guru honorer serta bantuan pelajar dan mahasiswa, bidang kesehatan senilai Rp. 16.000.000,- untuk bantuan pengobatan dan pemulihan kesehatan serta bantuan paket kesehatan lembaga pendidikan dan pesantren.
Wali Kota Banjar menjelaskan bahwa zakat punya kontribusi yang sangat besar dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan penanganan bencana. “Program Gerakan Cinta Zakat ini diharapkan mampu mengajak lebih banyak umat Islam untuk menyisihkan hartanya ke Baznas Kota Banjar untuk mengeluarkan  zakat, yang nantinya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk membantu saudara kita yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan juga untuk membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh di Kota Banjar,” jelas Wali Kota.
Apresiasi diberikan oleh Wali Kota kepada seluruh ASN Kota Banjar yang telah secara ikhlas menyisihkan gajinya untuk dipotong zakatnya dan dikumpulkan di Baznas Kota Banjar. Konsep zakat menurut Wali Kota, “mengimplementasikan pemerataan kesejahteraan dan memberikan keberkahan bagi yang mengeluarkannya, semoga zakat yang kita bayarkan akan dapat menyempurnakan ibadah puasa kita, meningkatkan ketakwaan dan ketaatan kita kepada Allah SWT”. Hadir dalam kesempatan tersebut selain Wali Kota, ada Wakil Wali Kota Banjar, Kapolres Banjar, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kementerian Agama, Sekretaris Daerah, para Kepala OPD serta Ketua Baznas dan pengurusnya.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi

Guna menyukseskan vaksinasi, Wali Kota rutin melakukan monitoring pelaksanaannya. Wali Kota Banjar kembali melakukan monitoring …

Puluhan Generasi Muda Pataruman Ikuti Pelatihan Bela Negara

Berlangsung di Aula Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wali Kota …