Home / Berita Banjar / Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Para Pelaku Koperasi Dan UKM Tingkat Kota Banjar

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Para Pelaku Koperasi Dan UKM Tingkat Kota Banjar

Selasa, 28 Mei 2020, bertempat di Aula RM Citra, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana membuka secara langsung acara pelatihan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia bagi Pelaku Koperasi dan UKM Kota Banjar.
Selain Wakil Wali Kota hadir pula pada kesempatan tersebut Kadis dan Kabid KUKMP Kota Banjar, para pelaku Koperasi dan UKM serta para narasumber.
Kabid KUKMP, Tatang, SE., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan laju pertembuhan ekonomi di Kota Banjar. “Pembinaan SDM bagi pelaku Koperasi dan UKM di Kota Banjar itu selalu terus menerus dilakukan, meski begitu kita tidak akan pernah bosan memberikan edukasi terhadap mereka,” ucapnya.
Lebih lanjut Dia menambahkan bahwa di era modern ini, para pelaku usaha dan para pengurus koperasi harus melek teknologi sehingga bisa mengikuti arus jaman lewat era digital ini.  “Penggunaan internet di kita sudah luar biasa, itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produknya, juga para pelaku koperasi bisa mempergunakannya untuk berbagai macam promosi,” tegasnya.
Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana mengatakan bahwa koperasi dan UKM di Kota Banjar diharapkan bisa menggeliat dan menjadi penopang ekonomi ditengah pandemi Covid-19.
Selain dengan berbagai pelatihan untuk Koperasi dan UKM juga harus memiliki magnet untuk daya tarik. “Untuk perputaran ekonomi di Kota Banjar, harus ada daya tarik yang kuat”, katanya.
Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa koperasi di Kota Banjar juga harus mempunyai program untuk kesejahteraan masyarakat. “Jangan hanya pinjam saja, masyarakat juga harus simpan, di kita kebanyakan pinjamnya”, tambahnya.
Wakil Wali Kota mengambil contoh negara tetangga seperti Singapura yang hanya memiliki 7 koperasi dan semuanya maju serta bisa menopang perekonomian di Singapura. “Di negara tetangga Singapore itu hanya memiliki 7 Koperasi dan semuanya maju”, tegasnya
Sedangkan di Kota Banjar memiliki 80 koperasi dan UKM dan itupun hanya 27 yang sudah mempunyai RAT. “Di Kota Banjar Koperasi dan UKM jumlahnya memang banyak namun yang sudah mempunyai RAT hanya 27 saja. Harapan kita semua, Koperasi dan UKM di Kota Banjar bisa menjadi penggerak bagi perekonomian masyarakat”, pungkasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Hadiri World Contraception Day

Kamis, 17 September 2020, bertempat di Klinik PKU Muhammadiyah, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …