Home / Berita Banjar / Pelatihan Pengamanan Pemilu di Gelar Yonif Raider 323/BP

Pelatihan Pengamanan Pemilu di Gelar Yonif Raider 323/BP

  Guna mengantisipasi kejadian terburuk dan tak diharapkan pada Pemilu 2019 mendatang, pasukan tempur Yonif Raider 323/BP bersama tim gabungan menggelar latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 di Lapangan Mangkalana Digjayana Mako Yonif Raider 323, Banjar, Selasa, 12 Februari 2019.
   Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Banjar dan para Kepala OPD serta dari Bawaslu,  KPU, Kejaksaan, Wakapolres dan para anggota Kepolisian, Satpol PP, Unit Damkar juga dari PMI Kota Banjar.
 Danyonif Raider 323/BP, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M.Si. (Han) mengatakan bahwa pengamanan pemilu itu merupakan bagian diantara tugas TNI, operasi militer selain perang. Yakni, membantu tugas kepolisian. Hal ini sesuai instruksi dari atasan.
  “Pemilu 2019 jangan ada kekacauan maupun konflik ditengah masyarakat, hal terburuk yang mungkin terjadi harus diantisipasi sejak dini,” kata Danyon. Diantaranya, menyiapkan pengamanan selama tahapan Pemilu 2019,  Untuk itu, Danyon berharap Bawaslu Kota Banjar dan KPU Kota Banjar menginformasikan tanggal tahapan Pemilu 2019 yang dinilai rawan konflik. Latihan bersama ini melibatkan juga kepolisian, Satpol PP, Unit Damkar dan PMI Kota Banjar.
  “Selama latihan itu, ada teori terkait sosialisasi tentang tahapan pemilu, real teknis pengendalian masa. Hari terakhirnya, demontrasi pengendalian masa,” ucapnya seraya menjelaskan total personil gabungan ikut latihan bersama ini berjumlah 350 orang. Melalui latihan pengamanan bersama ini, diharapkan semakin terkoordinasi diantara satuan. “Apabila ada sesuatu yang tidak diharapkan nanti, saat penangannya tidak kaget lagi dan bisa lebih cepat dituntaskan,” ujarnya.
   
Sumber        : Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …