Pelantikan Anggota BPD Desa Sinartanjung

Desa merupakan lapisan pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Hampir segala aspek menunjukkan peran dan keberadaan desa dalam konstelasi pemerintahan. Sistem dan mekanisme penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tergantung dan ditentukan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai bagian dari Pemerintah Daerah. Struktur kelembagaan dan mekanisme kerja di semua tingkatan Pemerintah, khususnya Pemerintahan Desa harus diarahkan untuk dapat menciptakan pemerintahan yang peka terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga pertama yang berperan sebagai lembaga penyalur aspirasi masyarakat di tingkat Desa. BPD mempunyai masa kerja selama 6 (enam) Tahun, sehingga dilakukan pemilihan anggota baru yang dilakukan secara demokratis melalui pemilihan secara langsung. Desa Sinartanjung merupakan salah satu desa yang telah melakukan pemilihan langsung Anggota BPD masa keanggotaan Tahun 2021-2027 yang diambil sumpah dan janjinya secara langsung oleh Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si.
Wali Kota menuturkan, anggota BPD merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan secara demokratis melalui pemilihan langsung ataupun musyawarah perwakilan. Tiga fungsi utama BPD adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan bersama Kepala Daerah, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. “Mengingat betapa pentingnya fungsi BPD tersebut, maka diharapkan para anggota BPD dapat senantiasa mengembangkan kompetensi dan kualitas SDMnya, sehingga dapat memperkuat fungsi kelembagaan BPD itu sendiri,” pungkas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …