Home / Berita Banjar / Pelaku UKM di Kota Banjar Ikuti Bimtek Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan

Pelaku UKM di Kota Banjar Ikuti Bimtek Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan

Puluhan pelaku usaha di Kota Banjar mengikuti Bimbingan Teknik Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Banjar di Aula RM H Dian, Kamis (27/5/2021). Bimtek tersebut menjadi rangkaian kegiatan yang harus ditempuh pelaku usaha demi mendapatkan sertifikasi produk industri rumah tangga.
PIRT adalah sertifikasi perijinan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan atau yang biasa dikategorikan usaha kecil menengah. Biasanya, ijin PIRT ini diberikan produk pangan olahan dengan tingkat risiko yang rendah dengan menerbitkan nomor PIRT sebanyak 15 digit (baru)  dan 12 digit (lama)  yang berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang untuk makanan dan minuman yang daya tahannya diatas satu minggu. Hal tersebut diutarakan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banjar, Budi Hendrawan usai membuka Bimtek tersebut. “Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong atau menfasilitasi pelaku usaha kecil yang ada di Kota Banjar untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan legalitas berupa sertifikat PIRT,” urainya.
Dalam pelaksanaan bimtek tersebut biasanya dilatih bagaimana cara pengolahan dan pengemasan yang sesuai standar kesehatan pangan dilanjutkan dengan verifikasi dari Tim Dinas Kesehatan ke tempat produksi olahan untuk menentukan layak tidaknya produk tersebut diberikan sertifikat PIRT. Budi juga memanfaatkan bimtek tersebut untuk mengedukasi peserta bimtek agar dapat menjaga kesehatan di masa pandemi dan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana pencegahan dan penanganan penyebaran virus Covid-19. “Kami menggelar bimtek setahun dua kali dengan membatasi peserta sebanyak 35 orang/termin karena menyesuaikan dengan masa pandemi ini,” terangnya. Saat ini, secara keseluruhan ada 300 pelaku usaha di Kota Banjar yang sudah memiliki sertifikasi PIRT.

Sumber     : Dinas Kesehatan Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi

Guna menyukseskan vaksinasi, Wali Kota rutin melakukan monitoring pelaksanaannya. Wali Kota Banjar kembali melakukan monitoring …

Puluhan Generasi Muda Pataruman Ikuti Pelatihan Bela Negara

Berlangsung di Aula Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wali Kota …