Pelaksanaan Pengalihan Sungai Bendungan Leuwi Keris

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., hadir bersama Wakil Bupati Ciamis, Wakil Bupati Tasikmalaya. Selain itu hadir pula Direktur Bina Teknik Kementerian PUPR, Eko Winar Irianto, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, Bambang Hidayah, Kepala SNVT (Satuan Non Vertikal Tertentu) pembangunan bendungan Leuwikeris BBWS Citanduy, Budi Prasetyo, dan sejumlah Pejabat Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.
Ditemui setelah kegiatan, Wali Kota Banjar mengatakan, pembangunan Bendungan Leuwikeris ini akan berdampak pada pertanian serta pengendalian Banjir untuk wilayah Kota Banjar. “Dengan pembangunan bendungan ini, saya berharap sektor pertanian di Kota Banjar akan semakin terbantu dengan semakin luasnya lahan pertanian yang dapat teraliri. Selain sektor pertanian, saya yakin sektor pariwisata juga akan semakin berkembang dengan pembangunan bendungan ini,” pungkasnya.
Pelaksanaan Pengalihan Sungai (River Diversion) Bendungan Leuwikeris, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mendukung program pertanian di Wilayah Jawa Barat. Untuk mendukung program tersebut, pembangunan bendungan dilakukan untuk menjamin suplai air irigasi yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan. Salah satu bendungan yang tengah dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, Ditjen Sumber Daya Air yakni Bendungan Leuwikeris. Waduk ini terletak di 2 (dua) kabupaten, yakni Ciamis dan Tasikmalaya. Bendungan Leuwikeris sendiri mempunyai kapasitas tampung air sebanyak 81,44 juta m³ yang dapat mengaliri sawah seluas 11 ribu hektar.
Proyek bendungan ini sudah memasuki tahap Pengalihan Sungai (River Diversion) dengan jalur terowongan sepanjang 1 Km. Pelaksanaan Pengalihan Sungai (River Diversion) dilakukan  Jumat,12 November 2021.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …