Home / Berita Banjar / Panggung Sajak Wadahi Kreativitas Anak

Panggung Sajak Wadahi Kreativitas Anak

  Kebutuhan ruang publik untuk tumbuh-kembang anak secara aktif dan kreatif senantiasa dibutuhkan. Termasuk ruang-ruang alternatif sebagai media untuk mengasah potensi dan menyalurkan kreasinya. Menyadari kebutuhan ini, beberapa waktu lalu digagas Panggung Sajak dengan tujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi kreativitas anak muda Kota Banjar untuk berkreasi, saling berbagi dan saling menyemangati dalam berkreasi seni-budaya literasi, khususnya sajak.
  Panggung Sajak awalnya digagas bersama jurnalis pegiat Dewan Kebudayaan Kota Banjar, Syarif Hidayat bersama Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis dan Pendiri Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), Sofian Munawar. “Hingga saat ini kami sudah mengadakan lima kali penyelenggaraan Panggung Sajak. Edisi Pertama di Aula KPU Kota Banjar, Edisi Kedua di Taman Kota, Edisi Ketiga di halaman KPU Kota Banjar, Edisi Keempat di Gedung BCH yang dihadiri ratusan pelajar, guru, dan mahasiswa. Saat ini Panggung Sajak Edisi Kelima di Sekretariat YRBK sekalian kegiatan Syawalan,” ucap Sofian, salah satu penggagas Panggung Sajak.
  Acara Panggung Sajak Edisi Kelima dipandu budayawan yang juga sutradara kebanggaan Kota Banjar, Arief Boyke yang telah berperan melahirkan Film Randagade. Selain memandu acara, Arief juga turut membacakan sajak dan berbagi kiat dan teknik, bagaimana membaca sajak yang baik. “Forum seperti ini penting sebagai ruang belajar dan saling mengapresiasi sehingga kita semua terus terdorong untuk lebih baik,” kata Arief.
  Panggung Sajak Edisi Kelima dihadiri puluhan pelajar, guru, mahasiswa, dan jurnalis. Hadir pula perwakilan dari Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Banjar, Hj. Hotimah, S,Pd. “Saya sangat apresiatif sekali dengan acara seperti ini.  Sayangnya, saya baru tahu sekarang ini. Kegiatan seperti ini sangat positif dan inspiratif. Saya mendukung seratus persen, angkat dua jempol untuk kreativitas RBK dan kawan-kawan Panggung Sajak.  Semoga kegiatan Panggung Sajak tidak berhenti di sini, tapi terus berkelanjutan,” ujar Kasi Muskalajarahnitra, Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kota Banjar.
  Acara Panggung Sajak Edisi Kelima dipungkas dengan penyerahan donasi buku dari Duta Perpustakaan Jawa Barat kepada Ketua YRBK. Mahasiswi UIN Yogyakarta yang mewakili Kota Banjar sebagai Duta Perpustakaan Jawa Barat, Linatul Hikmah memberikan donasi buku untuk Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) dan diterima oleh Ketua YRBK Siti Maroah. (Agus Berrie)***
 
Sumber     : Ruang Baca Komunitas
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Hari Krida Pertanian Ke-47 Tingkat Kota Banjar

  Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), menggelar Hari Krida …

Pelantikan Penjabat Kades Binangun, Batulawang dan Mulyasari

  Di Aula Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Selasa, 09 Juli 2019, Wali Kota Banjar, DR., …