Home / Berita Banjar / PANEN PERDANA PADI VARIETAS 3S

PANEN PERDANA PADI VARIETAS 3S

Wali kota Banjar, DR. Hj Ade Uu Sukaesih, M.Si bersama Wakil Wali kota Banjar, Nana Suryana dan Ketua DPRD, Dadang Kalyubi, serta Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, drh. Aswin,  juga Perwakilan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan panen perdana padi varietas 3S di Dusun Pasir Leutik Rt 30 Rw 12 Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Jumat, 23 Maret 2019.
  Wali Kota Banjar menuturkan bahwa penanaman padi varietas 3S merupakan kerja sama antara LPPM IPB dengan petani yang tergabung di Bumdes Mekarharja Pratama Desa Mekarharja,  “ Kita bisa lihat sendiri hasil padinya bagus dan panennya lebih cepat dari yang biasanya,” ujarnya.
  Beliau menambahkan bahwa jenis bibit padi jauh berbeda dengan bibit padi pada umumnya. “Harapannya para petani bisa menggunakan bibit padi jenis ini untuk dikembangkan. Kita jadikan Banjar sebagai pelopor, sehingga kebutuhan pangan beras bisa terus meningkat, meski kita sudah surplus,” ungkapnya.
  Kepala Desa Mekarharja, Hendi Somantri menambahkan padi varietas 3S ditanam sejak 4 Desember 2018, Masa tanam sampai panen hanya mencapai 80-85 hari, menurut dia, waktunya itu lebih cepat. “Peranakan dari bibit padi varietas 3S tidak banyak, tapi tiap batang padi bisa menghasilkan 364 butir. Jenis biasanya hanya 160 lebih,” jelasnya.
  Kadis juga menambahkan bahwa hasil panen tidak langsung dijual ke masyarakat, itu akan dijadikan kembali bibit yang nantinya dikelola oleh Bumdes, setelah dari Bumdes lalu dikembangkan untuk digunakan para petani.
 
Sumber        : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Monitoring dan Evaluasi Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat

Dalam rangka monitoring dan evaluasi Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019, Tim Monev Kesatuan Gerak …

Penerimaan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat

Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Jawa Barat memberikan tantangan tersendiri bagi setiap sekolah yang …